Bahaya yang Terjadi Jika Mematikan Komputer Tanpa di Shut Down

21 Januari 2017 Tutorial Komputer


Sebuah komputer akan berjalan dengan baik jika dirawat dan digunakan dengan baik, tetapi tidak semua orang melakukannya. Kadang orang lebih suka mematikan komputer langsung dengan menekan tombol power, tanpa di Shut Down. Padahal Shut Down sangatlah penting untuk menghentikan segala proses yang sedang berjalan di komputer sehingga perangkat komputer siap untuk dimatikan.

Jadi, apa saja masalah yang akan terjadi bila mematikan komputer tanpa di shutdown?
1. Registry berantakan

Jika menggunakan shut down, registry akan mendata aplikasi yang dipakai selama komputer dijalankan, kemudian semuanya disimpan dalam registry. Tetapi jika tidak menggunakan shut down, perubahan perubahan tersebut tidak akan akan tersimpan pada registry. Jika terus menerus dilakukan akan ada aplikasi yang error.

2. RAM bermasalah
Normalnya jika mematikan komputer dengan menggunakan shut down, RAM akan dikosongkan terlebih dahulu sebelum komputer benar-benar mati. Jadi saat komputer dihidupkan kembali, RAM akan bekerja dengan baik, karena sudah dalam keadaan benar-benar kosong. Berbeda jika mematikan paksa komputer, RAM tidak akan sempat dikosongkan.

3. Menyebabkan kerusakan pada processor
Processor adalah komponen terpenting dari komputer, processor memiliki beban kerja paling tinggi, sehingga cepat panas. Untuk mendinginkan processor digunakan heatsink. Saat komputer dimatikan dengan benar, heatsink akan bekerja ekstra untuk mendinginkan processor. Jadi ketika komputer dihidupkan kembali, processor dalam keadaan fresh. Tetapi jika komputer dimatikan secara paksa heatsink tidak akan sempat mendinginkan processor, tidak jarang ketika dihidupkan kembali processor masih tetap panas. Jika hal ini terus dilakukan processor akan mengalami kerusakan.

4. Masalah power supply
Ketika komputer dimatikan dengan shut down, processor akan memberikan perintah untuk menghentikan pemakaian daya semua komponen komputer termasuk power supply. Tetapi ketika dimatikan dengan paksa, arus listrik juga akan terputus secara mendadak, dan kemungkinan masih ada arus yang terpakai.

5. Hard disk bad sector
Jika sering mematikan komputer dengan paksa, tinggal mengunggu waktu kerusakan Hard Disk pasti terjadi. Ketika dimatikan secara paksa, putaran piringan harddisk tidak akan berhenti mendadak dan ditempat yang tidak seharusnya. Berbeda jika dimatikan dengan shut down, Hard Disk akan berhenti secara teratur sesuai dengan posisi seharusnya. Jadi ketika komputer dihidupkan kembali, Hard Disk akan berputar dari awal.

Itulah masalah yang akan timbul ketika sering mematikan komputer secara paksa.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)