Aplikasi Edukatif Scratch untuk Belajar Pemrograman

21 April 2014 Tutorial Komputer   |    Tina Yuliani Ayuningsih


Siapa bilang pemrograman itu sulit? Pemrograman itu mudah bagi yang mau mempelajarinya. Bahkan bagi anak-anak sekalipun. Adalah Scratch, sebuah aplikasi edukatif untuk belajar pemrograman bagi anak. Scratch dikembangkan oleh MIT (Massachusetts Institute of Technology). Adapun perbedaan Scratch dengan aplikasi pemrograman pada umumnya adalah digunakannya grafik visual yang memudahkan anak belajar logika pemrograman. Jika biasanya aplikasi pemrograman berbasis teks dan rumit, dengan menggunakan Scratch, anak-anak dapat mempelajari logika pemrogaman menggunakan objek-objek menarik, seperti kucing. Anak-anak dapat menggunakan logikanya untuk dapat membuat kucing tersebut berjalan, mengeong, bahkan berputar di Scratch.

Scratch dapat didownload GRATIS di http://scratch.mit.edu/scratch_1.4/. Setelah berhasil mendownloadnya, kita bisa menginstalnya di laptop dan komputer kita. Scratch tersedia dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Jadi untuk yang belum mahir berbahasa inggris, dapat menggunakan Scratch dengan pengaturan Bahasa Indonesia. Berikut contoh tampilan dari Scratch:

Dengan menggunakan Scratch, kita dapat belajar membuat cerita, animasi, games, musik dan lain-lainnya. Jika ingin melihat bagaimana serunya project-project pemrograman yang berhasil dibuat menggunakan Scratch, kita bisa mengecek di http://scratch.mit.edu/explore/?date=this_month.

Seru dan asyik bukan belajar pemrograman dengan Scratch? Selamat mencoba ya!

(Penulis adalah seorang entrepreneur dan pengajari di LKP Kembar)
Web: http://www.rumahpintar-kembar.com