Apa Itu Internet?

12 Februari 2015 Tutorial Komputer


Kata ini sudah tidak asing lagi didengar oleh beberapa kalangan. Internet memang dibutuhkan oleh semua orang, namun apakah arti dari internet? Internet memiliki kepanjangan " Interconnection Networking" yang berarti: Hubungan komputer dengan berbagai type yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia dengan melalui jalur telekomunikasi seperti; telepon, radio link, satelite, dan lain lain.

Internet memiliki banyak istilah, diantaranya:

*. WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan Web Server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data & informasi.
*. Web Pages (Halaman Web), merupakan halaman khusus dari situs Web tertentu.
*. Website (Situs Web), merupakan tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu.
*. Homepage, merupakan Sampul Halaman yang berisi daftar isi,menu,dll dari sebuah web site.
*. Browser, merupakan program aplikasi yang digunakan untuk mempermudahkan melakukan navigasi berbagai data dan informasi pada world wide web (WWW)

Internet pun memiliki fasilitas-fasilitas, seperti:

1. Web, merupakan fasilitas Hypertext untuk menampilkan data data berupa: text, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain.
2. E-Mail , memiliki kepanjangan Electronic Mail . Dengan fasilitas ini pengguna dapat mengirim dan menerima surat elektronik pada pemakai atau dari pemakai komputer lain yang terhubung di internet dan dapat menyertakan file sebagai lampiran.
3. FTP (File Transfer Protocol), fasilitas ini digunakan untuk menghubungkan ke server komputer tertentu dan bila perlu mendownload file yang Anda butuhkan dari server tersebut dan menyimpannya di komputer Anda.
4. Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran atau file ke pemakai internet lain yang terhubung dengan kelompok diskusi untuk topik topik tertentu. Dengan fasilitas ini, pengguna dapat melakukan diskusi, seminar ataupun konferensi dengan cara elektronik tanpa terikat waktu, ruang dan tempat.

Semoga bisa bermanfaat ..

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)