6 Tips Ampuh Merawat LCD Laptop Agar Tetap Awet

25 Desember 2017 Tutorial Komputer


LCD laptop merupakan salah satu komponen terpenting dari laptop itu sediri yang fungsinya adalah menampilkan output berupa gambar, tulisan, atau grafik pada layar. Sehingga apabila LCD sampai rusak atau bahkan mati, maka akan sangat menggangu proses kerja kita, karena kita tidak bisa mengerjakan segala sesuatu hal yang ada di laptop tanpa adanya visualisasi di layar LCD laptop.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan rusak pada LCD laptop, beberapa diantaranya adalah kualitas VGA module pada LCD laptop kurang baik. VGA module tersusun atas VGA chipset, kabel flexibel, konektor flexibel ke LCD, konektor flexibel ke mainboard, dan juga inverter. Untuk penyebab kerusakan karena faktor VGA module-nya biasanya merupakan kerusakan bawaan yang berasal dari produsen pembuatnya sendiri. Faktor lain yang dapat menyebabkan rusaknya LCD laptop adalah cara penggunaan dan juga cara merawatnya yang kurang tepat.

Nah, berikut 6 tips ampuh merawat LCD laptop agar tetap awet:
1. Batasi Waktu Penggunaan

Sebisa mungkin hindari penggunaan laptop lebih dari 5 jam, karena penggunaan yang terlalu lama seperti itu dapat membuat panas komponen yang ada di LCD laptop. Panas itulah yang biasanya akan berpengaruh pada sel liquid dan komponen lain pada LCD laptop. Solusinya adalah istirahatkan dulu laptop minimal 20 menit agar panasnya hilang, barulah setelah itu laptop dapat dinyalakan kembali.

2. Atur Time Off LCD
Mengatur LCD apabila beberapa menit tidak digunakan, LCD laptop akanotomatis mati atau standbay dengan tujuan untuk menghemat energi LCD. Anda bisa mengaturnya pada bagian power option apabila menggunakan windows.

3. Atur Brightness Dan Contrast
Usahakan untuk mengatur brightness dan contrast layar LCD pada level normal, artinya tidak terlalu redup ataupun terlalu terang.

4. Bersihkan Secara Teratur
Bila ingin membersihkan LCD laptop sebaiknya gunakan cairan khusus pembersih LCD dan juga dapat dibantu dengan menggunakan kain halus untuk membersihkannya. Lakukan hal ini secara teratur.

5. Perhatikan Penggunaan
Penggunaan disini maksudnya adalah saat Anda membuka atau menutup laptop, usahkan lakukan dengan benar, artinya tidak membuka dan menutup laptop dengan paksa atau keras.

6. Jangan Menutup Laptop dalam Keadaan Panas
Hal yang ini sering dilakukan oleh orang-orang yang sibuk. Jika Anda mengabaikan ini, efek yang dapat ditimbulkan adalah adanya bercak-bercak warna putih pada layar LCD laptop Anda. Bahkan bisa muncul warna putih selebar 3 cm atau bahkan lebih.

Cukup mudah sebenarnya untuk menjaga LCD laptop agar bisa digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama. Dengan melakukan perawatan dengan benar maka dapat mengurangi atau meminimalkan dampak buruk yang dapat terjadi pada LCD laptop.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags