4 Cara Melakukan Factory Reset pada Laptop

10 Juli 2017 Tutorial Komputer


Bukan hanya smartphone saja yang memiliki fitir reset pabrikan (Factory Reset), laptop juga memiliki fitur tersebut. Hanya saja pada laptop ini cara-cara resetnya memang berbeda-beda dan itu tergantung dari tipe laptop tersebut.

Nah, berikut ada 4 cara yang umum digunakan untuk melakukan reset pabrikan pada laptop:
1. Recovery Partition

Cara ini memang cukup banyak digunakan untuk komputer atau laptop saat ini. Karena, memang laptop terbaru, pasti dilengkapi dengan partisi tersendiri di dalamnya yang diambil dari bagian hardisk bawaannya, yang tidak akan Anda lihat pada jendela Explorer Anda, karena memang tidak diaktifkan. Bagian dari hardisk tersebut memang telah dilengkapi dengan setup untuk membersihakan sistem operasi Anda, lalu mengembalikan tampilannya seperti saat pertama kali Anda membeli laptopnya.


Untuk bisa memulai tahap recovery tersebut, maka Anda bisa mengaksesnya dengan cara merestart laptop Anda. Dan, sebelum masuk pada menu Booting, Anda tekan tombol yang muncul pada halaman booting tersebut untuk masuk pada menu Recovery. Tombol tersebut biasanya dimulai dari F1 sampai F12. Tapi, ada juga beberapa laptop yang mengharuskan Anda untuk masuk BIOS dulu untuk mensetting recovery setup tersebut. Cara tersebut sebenarnya tergantung dari tipe laptop yang Anda gunakan. Setiap tipe laptop tentunya berbeda-beda juga caranya. Untuk itu, Anda sebaiknya bertanya kepada service center atau toko tempat Anda beli laptop tersebut, mengenai hal tersebut, atau membaca buku petunjuknya jika ada.

2. Menggunakan fitur Disc Recovery
Selain Recovery partition, beberapa laptop saat ini juga telah dilengkapi dengan Disc Recovery, untuk bisa mengembalikan settingan awal dari pabrikannya. Disc recovery ini cara kerjanya sama dengan Recovery partition di atas, yaitu untuk mengembalikan settingan awal dari pabrikan di laptop Anda. Jika memang laptop Anda bermasalah, maka Anda bisa menggunakan Disc Recovery ini mengembalikan settingannya ke awal. Disc recovery ini biasanya dalam bentuk CD atau DVD yang biasanya bertuliskan merk dari laptop Anda.


3. Fitur Reset atau Refresh pada Windows 8
Untuk laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 8 bawaan biasanya akan dilengkapi dengan fitur reset factory (pabrikan) juga yang dinamakan dengan Refreshing Windows 8 dan Reset Windows 8. Hebatnya fitur refreshing Windows 8 bisa membantu Anda untuk tetap mempertahankan program atau aplikasi yang telah terinstall pada laptop Anda tersebut, khusus untuk aplikasi yang terinstall di Metro saja sih. Sedangkan untuk fitur resetnya, merupakan proses yang sama seperti ketika Anda menginstall ulang sistem operasi laptop Anda tersebut. Anda dapat menggunakan cara ini melalui menu Settings -> Change PC Settings. Lalu pilih opsi Get Started, maka Anda akan melihat menu Refresh atau Reset yang bisa Anda pilih.


4. Melakukan install ulang sistem operasi
Cara terakhir ini termasuk cara paling ampuh. Bahkan, walaupun laptop tersebut memiliki fitur seperti di atas sebelumnya, tapi menginstall ulang Windows adalah cara terbaik. Dengan menginstall ulang Windows, maka Anda bisa memilih jenis sistem operasi yang ingin Anda gunakan. Anda pun bisa memformat hardisk Anda, lalu membagi ulang partisinya jika diperlukan. Namun, tentunya akan sedikit repot, karena Anda harus menginstall kembali lagi driver laptop Anda.


Itulah 4 cara reset pabrikan laptop, yang bisa Anda pilih sesuai dengan fitur yang telah disediakan oleh laptop Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)