Worth IT atau Worthed yang Benar? (Bagian 1)

10 Oktober 2016 Tutorial Bahasa Inggris   |    Iman Prabawa


Worth it atau worthed yang benar? Kita sering banget ngga sih mendengar atau melihat kata-kata ini digunakan, misalnya pada kalimat berikut..

Ngga worth it banget deh!
Udah jauh-jauh ternyata gitu doang! Gak worthed!

Nah sering kan kita melihat atau mendengar kata-kata itu? Sebenarnya yang benar itu yang mana sih? Worth it atau worthed? Atau malah wortel? Lho?? Hihihi kriuk kriuk.

Worth It Atau Worthed?

Jadi yang benar itu worth it atau worthed?? Yang benar itu ternyata adalah worth it dan bukan worthed, jadi kalimat yang kedua di atas yang menggunakan worthed itu adalah salah ya.

Kenapa sih banyak yang menggunakan worthed? Kalau menurut saya itu karena berpikir worth itu adalah verb, kalau di bahasa Inggris kan gitu ya, verb-nya biasanya ditambahkan -ed, jadilah worthed.

Mungkin pemikirannya seperti itu, misalnya saya beri contoh verb yang diberi -ed,

I have finished my homework. (Saya sudah mengerjakan PR saya)

Kita lihat kata finished, di sini kan verb-nya jadi bentuk past participle ya, kalimat di atas termasuk ke dalam bentuk present perfect tense. Di dalam bahasa Inggris itu kan kita tahu, bahwa bentuk verb atau kata kerja akan berubah tergantung dari kapan tindakan itu dilakukan. Nah kemudian biasanya penggunaan worthed itu terjadi karena kita berpikir bahwa kata worth itu adalah termasuk verb atau kata kerja, sementara pada kenyataannya worth itu bukan verb.

Worth itu masuknya ke dalam noun (kata benda) atau adjective (kata sifat atau kata yang memberikan keterangan) dan bukan termasuk ke dalam verb. Saya kemudian juga browsing dan menemukan bahwa di bahasa Inggris zaman dulu, itu ada kata worthed, saya coba skinsutkan ya pendapat dari salah seorang native english speaker, yang menjawab mengenai pertanyaan ini.


Yang teman-teman bisa membacanya sendiri di pembahasan di sini. Yang kalau saya coba artikan dari penjelasannya Robert Charles Lee yaitu,

Tidak di dalam Bahasa Inggris Modern.

"Worthed" di dalam Bahasa Inggris Zaman Pertengahan adalah dari bentuk intransitive verb worthed atau worthing yang artinya adalah "to befall" atau "betide", contohnya: "Woe worth(ed) the day".

Yang menarik, banyak orang yang salah mengeja "worth it" sebagai "worthed" - dan yang saya perhatikan hal ini biasa terjadi di antara orang-orang Filipina dan daerah-daerah di India.

Saat ini, kita menggunakan kata "worth" lebih sebagai sebuah preposition atau noun. Kata "worth" ini bukanlah sebuah verb, jadi kita tidak akan menggunakan misalnya dalam kalimat berikut, "The yacht worths $2 million".

Sebagai sebuah preposition, kata "worth" itu artinya adalah nilai yang akan kita terima bila kita menjual sesuatu, misalnya pada contoh kalimat berikut ini,

His yacht is worth $2 million. (Kapal pesiarnya bernilai 2 juta dollar)
We own a house worth $500,000. (Kami mempunyai rumah yang bernilai 500ribu dollar)
This antique is worth a lot of money. (Barang antik ini sangat bernilai mahal sekali)


Sebagai sebuah noun, kata "worth" digunakan setelah sebuah nilai uang untuk menunjukkan berapa yang akan kita dapat untuk sesuatu - lagi-lagi, kalau kita jual barang tersebut. Contoh kalimatnya,

We're being silly to argue over ten cents' worth of candies. (Kita konyol berdebat untuk sesuatu yang nilainya hanya senilai 10 sen permen)
Thieves made off with 10 million dollars' worth of artpieces. (Pencuri membawa kabur barang seni senilai 10 juta dollar).
Catatan: Hindari menggunakan kata "worth" untuk sesuatu yang saat ini kita miliki - kita biasanya menggunakan kata "value" ketimbang "worth", contohnya:
The value of your house has increased greatly. (Not "worth")(Nilai dari rumahmu sudah sangat meningkat) (Jangan gunakan kata "worth" di kalimat ini)

What will happen to the value of my car? (Not "worth") (Apa yang akan terjadi dengan nilai dari mobil saya?) (Jangan gunakan kata "worth" di kalimat ini)
The value of my land is now over $10 million. (Not "worth") (Nilai dari tanah saya sekarang adalah lebih dari 10 juta dollar) (Jangan gunakan kata "worth" di kalimat ini)
Tentunya penggunaan kata "worth" dan "value" ini lebih fleksibel di dalam sebuah percakapan.


Jadi seperti itu kira-kira teman-teman, yang benar adalah worth it dan bukan worthed ya.

Salam hangat,
Imam Prabawa
(Lihat tutorial bahasa inggris lainnya di belajarbahasainggrisiman.blogspot.co.id)