TOEFL, Siapa Takut? Tips Menghadapi Tes TOEFL

22 Januari 2017 Tutorial Bahasa Inggris


Test of English as a Foreign Language (TOEFL/IBT) adalah tes yang menjadi tolak ukur dari kemampuan bahasa inggris untuk bukan orang asli amerika serikat yang ingin mendaftar ke Universitas di amerika. Sekarang TOEFL juga menjadi syaratuntuk melamar pekerjaan untuk beberapa posisi di sebuah perusahaan.

Mendengar kata TOEFL mungkin kalian sudah takut duluan mendengarnya. Berikut kita akan mencari tahu tips-tips untuk mendapatkan skor tinggi dalam tes TOEFL.

- Biasakan mengirim email, membuat catatan menggunakan bahasa inggris, sehingga Anda terbiasa.

- Mendengarkan music, radio, menonton televise dan film dalam berbahasa inggris. Semakin banyak Anda melakukannya, Anda akan lebih mengerti mengenai vocabulary dan penggunaan ekpresinya. Musik membantu Anda nada bicara dan penekanan kita berbicara dalam bahasa inggris.

- Membaca adalah cara terbaik untuk meningkatkan vocabulary Anda. Pengalaman saya sendiri semakin sering Anda membaca Koran, majalan, buku. Biasakan mencari tahu arti dan tujuan penggunaan dari kata-kata tersebut melalui Andas, karena berdasarkan pengalaman saya. Jika Anda mencari kata-kata yang tidak Anda tahu melalui Andas Anda akan ingat kata tersebut. Semakin banyak Anda mencari semakin banyak tahu.

- Cari lawan bicara, tidak penting apakah kalimat yang keluar dari mulutmu tidak sesuai dengan grammar. Karena dalam komunikasi sehari-hari yang lebih penting adalah Anda dan lawan bicaramu sama-sama mengerti sehingga dapat meningkatkan kemampuan bahasa inggrismu.

- Carilah tutor agar Anda bisa lebih mendalami materi yang tidak Anda mengerti.

- Sering-sering latihan soal TOEFL yang banyak tersedia di internet.

- Untuk memotivasi, berikan reward kepada dirimu jika Anda berhasil skor yang Anda targetkan.

Tips sukses mengerjakan TOEFL

- Berpakaian yang nyaman.

- Sarapan sebelum memulai aktifitas

- Usahakan tiba di tempat tes 30 menit lebih awal.

- Ikuti arahan dari pengawas dengan hati-hati untuk menghindari waktu yang terbuang.

- Jangan panic. Konsentrasi pada soal yang ada di depan Anda. Jangan melihat lagi soal yang sudah terjawab karena akan menghabiskan waktu Anda.

- Jangan menghabiskan waktu terlalu banyak pada satu soal yang sama.

- Usahakan tidak mengosongkan jawaban. Jika Anda ragu, pilih saja satu yang menurutmu paling benar.

Oleh: Muhamad Erzal
(diolah dari berbagai sumber)