Superlative Adjective dalam Bahasa Inggris

12 September 2016 Tutorial Bahasa Inggris   |    Iman Prabawa


Pembahasan pelajaran bahasa Inggris online kita kali ini adalah mengenai superlative adjective dalam bahasa Inggris. Ini masih masuk ke dalam perbandingan antara sesuatu, biasanya kalau sudah menggunakan superlative adjective ini kita membandingkan tiga atau lebih. Nah baru kita menggunakan superlative adjective ini.

Menggunakan Superlative Adjective Dalam Perbandingan

Biasanya bentuk superlative adjective ini mempunyai akhiran -est, seperti misanlnya kita lihat pada gambar di bawah ini.


Nah kalau kita lihat pada gambar di atas, buku yang pertama tebal, tapi buku yang ditengahnya lebih tebal, dan buku yang terakhir dalam yang paling tebal.

Atau kita lihat lagi contohnya pada gambar di bawah ini yaa..


Yang pertama menggambarkan keadaannya gelap, sementara yang kedua lebih gelap, dan yang terakhir adalah yang paling gelap. Jadi superlative ini menggambarkan "yang paling" dari semuanya. Bisa kita membandingkan tiga saja, atau kita membandingkan dengan lebih banyak lagi. Kalau sudah kata paling ya berarti tidak ada lagi yang lebih dari itu.

Dan kalau di comparative adjective kita biasanya menggunakan kata "than" di dalam kalimat kita, sementara kalau dalam kasus superlative adjective ini kita biasanya menggunakan "the" dalam kalimat kita. Saya beri contoh dalam kalimat ya. Kita lihat contoh kalimatnya di bawah ini.

Mount Everest is the highest mountain in the world.

Teman-teman perhatikan pada kata yang saya tebalkan, kita ngga bisa bilang Mount Everest is highest mountain in the world. Jadi kita perlu menambahkan "the" disitu. Nanti kapan-kapan kita akan membahas mengenai penggunaan "the" dalam bahasa Inggris ya, tapi ngga sekarang yaa.. Oh iya kalimat di atas kalau saya artikan ke dalam bahasa Inggris artinya adalah Gunung Everest adalah merupakan gunung yang tertinggi di dunia.

Lalu contoh kalimat yang keduanya bisa kita lihat pada kalimat di bawah ini..

Peter is the tallest boy in his class.

Lihat lagi ada "the" disitu ya, yang juga saya tebalkan.

Superlative Adjective Dengan Konsonan Ganda

Ada juga yang kalau menggunakan akhiran -est kita perlu menambahkan huruf konsonannya, seperti contohnya antara lain big, bigger dan untuk superlativenya kita akan menambahkan hurus "g" dan menjadi biggest, dan bukannya hanya bigest.

Atau contoh yang lainnya misalnya kata sad, untuk comparativenya kita menambahkan -er menjadi sadder, dan untuk superlativenya menjadi sadder. Tapi kita perhatikan juga saat di comparative adjective kita sudah menambahkan konsonan ganda disitu ya. Bukan kunci ganda ya? Saya jadi tiba-tiba ingat kalau lagi parkir motor, ada tulisan, "Harap menggunakan kunci ganda untuk kendaraan roda dua anda!". Hihihi kriuk kriuk, selingan aja..

Superlative Dengan Tambahan Kata

Ada juga adjective yang kita perlu menambahkan kata untuk membuatnya menjadi superlative, yaitu dengan menambahkan kata the most. Contohnya bisa kita lihat langsung aja pada contoh gambar di bawah ini yaa..


Jadi seperti itu kira-kira teman-teman mengenai superlative adjective dalam bahasa Inggris ini ya. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Sampai ketemu lagi di sharing saya mengenai pembelajaran bahasa Inggris online saya yang lainnya ya. See you guys..

Salam hangat,

Imam Prabawa
(Lihat tutorial bahasa inggris lainnya di belajarbahasainggrisiman.blogspot.co.id)