Sulit dengan Percakapan Bahasa Inggris? Ikuti Cara Berikut!

26 November 2013 Tutorial Bahasa Inggris


Ketika telah mempelajari dasar-dasar berbahasa Inggris seperti memahami kosakata, (Vocabulary),mendengarkan (Listening) dan menulis (Writing) maka hal terakhir yang menjadi salah satu poin penting dalam belajar Bahasa Inggris adalah Berbicara (Speaking). Berbicara memiliki kaitan dengan percakapan (Conversation).

Conversation adalah kemampuan berbahasa lisan secara aktif. Kemampuan mendengarkan adalah pasif karena Anda menggunakan indera pendengaran untuk memahami apa yang diucapkan oleh orang lain. Aktif adalah kata kunci utama dari belajar

Namun diantara berbagai tahapan dalam menguasai dasar berbahasa Inggris, Conversation dinilai paling sulit bagi kebanyakan orang dalam mempelajarinya karena didalam Bahasa Inggris memiliki perbedaan pelafalan kata terutama pada huruf vokalnya. Oleh karena itu ada beberapa cara yang efektif untuk menambah skill bahasa Inggris anda dengan cara Coversation (Percakapan) seperti berikut ini.

1. Teliti dalam memilih tempat kursus
Untuk membuat proses belajar menjadi lebih cepat dan menyenangkan, Anda perlu mencari tempat kursus yang tepat untuk mendukung kebutuhan tersebut. Banyak tempat kursus menyediakan program dan keunggulan menarik yang patut dipertimbangkan. Penawaran tersebut tentu harus membuat Anda lebih selektif dalam memilih tempat kursus yang benar-benar mampu memberikan solusi tepat. Bacalah brosur atau website yang menawarkan tempat kursus tersebut dengan seksama. Pahami apa yang mereka tawarkan dan apakah sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelajari metode belajar yang mereka tawarkan karena metode tersebut akan mempengaruhi hasil akhir yang Anda dapatkan. Tidak semua tempat kursus menyediakan metode efektif untuk mendukung proses belajar Anda. Setelah Anda menemukan program yang sesuai untuk kebutuhan belajar, Anda bisa mempertimbangkan faktor lain, yaitu biaya kursus untuk belajar Percakapan Bahasa Inggris.

2. Ajak teman untuk biasakan bercakap-cakap dengan bahasa Inggris
Jika ingin belajar bahasa Inggris dalam percakapan, Anda tidak bisa melakukannya sendirian. Percakapan adalah kegiatan yang dilakukan setidaknya oleh dua orang. Jika hanya dilakukan sendirian, tentu tidak akan ada percakapan. Jika ingin memilih pasangan untuk melakukan percakapan Inggris. carilah orang yang sudah lebih pandai atau terampil dari Anda. Dengan proses belajar seperti ini, hasil yang didapatkan juga akan lebih baik.

3. Gunakan multimedia untuk mendukung proses belajar
Materi multimedia dalam bentuk audio atau video akan membantu Anda untuk belajar dengan cara yang lebih cepat. Dengan demikian, belajar percakapan akan menjadi lebih mudah jika Anda menggunakan materi tersebut. Anda bisa memahami pengucapan secara langsung dan bisa menirukannya saat pembicara tersebut mengucapkan sesuatu. Selain itu, materi bisa diulang-ulang sebanyak yang Anda mau.

4. Lakukan percakapan dengan penutur asli
Apabila ada kesempatan, belajarlah bahasa asing dengan pembicara asli dari bahasa tersebut. Namun, cara ini sangat sulit untuk diterapkan karena jumlah native speaker yang ada di Indonesia memang tidak banyak dan kita tidak bisa menemukannya setiap hari. Sekali Anda mendapatkan native speaker yang mau membimbing Anda untuk belajar, hasilnya akan bisa dirasakan dalam waktu yang lebih cepat karena anda terbiasa.

(Dikutip dari carabelajarbahasainggris.net)