Struktur Dasar Kalimat dalam Bahasa Inggris (Bagian 1)

21 Desember 2016 Tutorial Bahasa Inggris   |    Iman Prabawa


Kali ini kita akan membahas mengenai struktur dasar kalimat dalam bahasa Inggris ya. Kita belajara mulai dari nol saja dulu karena saya juga sekarang lagi belajar lagi, menajamkan semuanya dan mulai juga dari nol, biar semuanya tercover juga. Yuk mari kita bahas mengenai hal ini.

Mengenal Struktur Dasar Kalimat Dalam Bahasa Inggris

Kita langsung aja melihat pada contoh kalimat di bawah ini ya..

John wrote a novel last year.

Subject Verb Complement Modifier

Nah pada kalimat di atas, John wrote a novel last year, kita lihat bahwa ada subject disitu yaitu John, kemudian ada verb disitu yaitu wrote, kemudian ada complement disitu yaitu a novel dan ada modifier disitu yaitu last year.

Nah kita bahas satu per satunya ya dari bagian-bagian dari kalimat di atas yaitu subject, verb, complement dan modifier.

Subject

Subject adalah merupakan aktor dari sebuah kalimat aktif. Subject ini adalah orang atau sesuatu yang melakukan sesuatu, atau bertanggung jawab untuk sesuatu tindakan yang dilakukan di dalam sebuah kalimat.

Setiap kalimat di dalam bahasa Inggris harus memiliki subject. Kalau kalimat perintah tidak memiliki subject yang terlihat, namun walau pun begitu sebenarnya tetap ada subjectnya. Misalnya pada contoh kalimat perintah berikut ini, "Run quickly!" Sebenarnya bisa ditulis atau ada subjectnya disitu yaitu, "You run quickly!". Atau menyuruh seseorang untuk berlari. Jadi subjectnya tetap ada namun tidak tertulis.

Sebuh subject bisa saja merupakan single noun, misalnya pada kalimat berikut ini.

Cats chase mice.

Children like candy.

Nah yang saya beri garis bawah itu merupakan subject dari kalimat di atas ya.

Sebuah subject juga bisa merupakan sebuah noun phrase. Apa itu noun phrase? Noun phrase adalah gabungan kata-kata yang berakhir dengan noun. Sebuah noun phrase TIDAK DAPAT dimulai dengan preposition. Contohnya bisa kita lihat pada kalimat di bawah ini.

That hot red dress looks fabulous.

Nah yang saya beri garis bawah itu merupakan contoh dari yang namanya noun phrase. Saya berikan contoh-contoh kalimat lain ya di bawah ini. Yang saya beri garis bawah merupakan subjectnya. Jadi teman-teman akan bisa mulai mengenali yang mana yang merupakan subject dari sebuah kalimat.

Tom likes to go fishing.
The English teacher is a very nice person.
Susan and Alex went to the movie together.
Those boys are good basketball players.
We actors are a happy group.

Oke, selanjutnya kita akan membahas mengenai verb ya.

Verb

Verb biasanya mengikuti subject dari sebuah kalimat yang merupakan kalimat pernyataan. Sebuah verb biasanya menyatakan tindakan di dalam sebuah kalimat. Setiap kalimat di dalam bahasa Inggris wajib memiliki sebuah verb.

Verb bisa berupa sebuah kata, misalnya kita lihat pada contoh kalimat di bawah ini.

Mary likes chocolate cake.
They play soccer.

Nah yang saya beri garis bawah adalah merupakan verb dari kalimat di atas.

Verb di dalam sebuah kalimat juga bisa berupa verb phrase. Verb phrase mengandung satu atau lebih auxiliary verb dan memiliki satu verb utama. Verb utamanya selalu didahului oleh auxiliary verb. Kita lihat pada contoh kalimat di bawah ini ya.

Martha has been talking to her new friend.
Terry is visiting his aunt today.

Saya beri contoh kalimat yang lain ya. Kita lihat pada contoh kalimat di bawah ini ya.

Jerry has returned from lunch.
The storm made a lot of noise.
George is playing in a tournament tomorrow.
I will go to bed soon.
Sally was jealous of Lisa’s new dress.

Salam hangat,

Imam Prabawa
(Lihat tutorial bahasa inggris lainnya di
belajarbahasainggrisiman.blogspot.co.id)