Simple Present Tense dengan Verba Selain to Be (Bagian 4)

12 November 2016 Tutorial Bahasa Inggris   |    Iman Prabawa


Pada sharing kali ini kita akan belajar masih mengenai simple present tense. Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya, Simple Present Tense Dengan Verba Selain To Be (Bagian 3).


D. Kata Bantu "Do"

Dengan pengecualian verba to be, verba dalam bahasa Inggris dewasa ini menggunakan kata bantu do untuk membentuk pertanyaan dan pernyataan negatif bentuk simple present. Bentuk simple present dari verba to do dikonjugasikan sebagai berikut:

I do
You do
He does
She does
It does
We do
They do

Kata bantu adalah verba yang digabungkan dengan verba lain untuk membentuk beragam tenses. Mesti diperhatikan bahwa ketika suatu kata bantu digabungkan dengan verba, maka kata bantu yang berubah mengikuti subyek, sedangkan bentuk verba yang lain tetap serupa. Ketika kata bantu do digabungkan dengan verba lain, verba tersebut selalu berbentuk verba dasar.

Pertanyaan

Uuntuk membentuk pertanyaan bentuk simple present dari sembarang verba selain verba to be, maka bentuk simple present dari kata bantu do ditambahkan sebelum subyek, dan verba dasar dari verba tersebut diletakkan setelah subyek. Contoh:

Pernyataan Negatif

Untuk membuat pernyataan negatif, bentuk simple present dari kata bantu do diikuti kata not sebelum bentuk bare infinitive dari verba bersangkutan. Contoh:


Dalam bahasa Inggris percakapan, singkatan berikut sering digunakan:


Pertanyaan Negatif

Untuk membuat pertanyaan negatif, bentuk simple present dari kata bantu do diletakkan sebelum subyek, dan kata not diikuti verba dasar yang diletakkan setelah subyek, dan kata not diikuti verba dasar yang diletakkan setelah subyek. Akan tetapi, ketika singkatan digunakan, bentuk not yang dipersingkat segera mengikuti setelah bentuk simple present dari kata bantu do. Contoh:


Question Tag

Kata bantu do atau does digunakan untuk question tag yang mengikuti pernyataan yang tercantum dalam bentuk Simple Present dari verba selain verba to be. Contoh-contoh berikut, question tag negatif ada di sebelah kanan tabel. Singkatan biasanya digunakan dalam question tag negatif:


Verba To Have

Mesti diperhatikan bahwa, terutama dalam British English untuk bentuk simple present dan simple past dari verba to have, pertanyaan dan pernyataan negatif sesekali dibuat seperti verba to be, tanpa penggunaan kata bantu do. Contoh: He has a sister, hasn't he?

Salam hangat,

Imam Prabawa
(Lihat tutorial bahasa inggris lainnya di belajarbahasainggrisiman.blogspot.co.id)