Simple Present Tense dengan Verba Selain to Be (Bagian 3)

9 November 2016 Tutorial Bahasa Inggris   |    Iman Prabawa


Pada sharing kali ini kita akan belajar masih mengenai simple present tense. Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya, Simple Present Tense Dengan Verba Selain To Be (Bagian 2).


Pelafalan Akhiran "es"

Suku kata merupakan satuan pelafalan, biasanya bersuarakan huruf-huruf vokal yang bisa saja atau tidak sama sekali diikuti huruf-huruf konsonan. Ketika sebuah verba berakhiran dengan suku kata semisal ch, s, sh, x, atau z, maka akhiran es dari kata ganti orang ketiga tunggal dilafalkan sebagai suku kata yang terpisah. Hal tersebut karena suara-suara ini begitu serupa dengan es sehingga akhiran itu harus dilafalkan sebagai suku kata terpisah agar dapat jelas didengar.

Contoh-contoh verba dasar berikut terdiri atas satu suku kata, sedangkan bentuk verba yang digunakan dalam kata ganti orang ketiga tunggal terdiri atas dua suku kata:

Hal yang sama pun terjadi ketika s ditambahkan pada verba yang berakhiran ce, ge, se, atau ze, maka akhiran es biasanya dilafalkan sebagai suku kata terpisah. Contoh-contoh verba dasar berikut mencakup satu suku kata, sedangkan bentuk verba yang digunakan dalam kata ganti orang ketiga tunggal terdiri atas dua suku kata:


Akan tetapi, ketika s ditambahkan pada verba yang berakhiran e dan diawali huruf selain c, g, s, atau z, maka akhiran es tidak dilafalkan sebagai suku kata terpisah. Masing-masing contoh berikut, baik verba dasar maupun bentuk verba yang digunakan dalam kata ganti orang ketiga tunggal terdiri atas satu suku kata:


Salam hangat,

Imam Prabawa
(Lihat tutorial bahasa inggris lainnya di belajarbahasainggrisiman.blogspot.co.id)