Salah Pengucapan Saat Pidato? Ralat dengan Cara Berikut!

5 Desember 2014 Tutorial Bahasa Inggris


Ketika kita berjalan dan berdiri diatas panggung, itu berarti kita telah siap untuk memberikan apa yang kita miliki dihadapan para penonton. Salah satunya ketika kita berpidato. Memang pada awalnya kita merasa kurang percaya diri kepada apa yang akan kita bawa dan ulas saat berpidato. Jika orang yang memiliki rasa percaya diri, mereka bisa memendam rasa minder.

Dalam berpidato, kita disaksikan oleh orang banyak. Pidato sendiri pun beragam. ada pidato yang mengajak untuk melakukan sesuatu, memberikan ilmu, dan banyak hal tentang pemberian solusi. Setiap orang yang melakukan pidato diatas panggung berharap agar apa yang kita informasikan dapat dicerna oleh banyak orang.

Tapi namanya manusia yang tidak luput dari kesalahan. Diwaktu yang tidak diperkirakan bisa saja salah pengucapan dalam pidato. Jika orang yang memiliki rasa percaya diri bisa minder jika salah pengucapan. Sama seperti halnya ketika kita berpidato dalam bahasa Inggris. Supaya kita dapat meralat kesalahan dalam pengucapan dalam bahasa Inggris, kita bisa mengikuti cara berikut.

1. Lupa dalam mengucapkan hal/sesuatu
Kadang kita lupa bahwa ada sesuatu yang harus disampaikan. Caranya mudah, ketika berpresentasi atau menyampaikan pidato menggunakan bahasa Inggris dan mengalami hal itu, maka cukup katakan: "Sorry, I should just mention one thing." (Maaf, saya seharusnya menyebutkan satu hal.")

2. Salah Menyampaikan Ide atau Mengucapkan Kata
Ketika Kita salah dalam mengungkapkan suatu fakta atau pendapat, tentu saja harus memperbaikinya dan kemudian berusaha mencari kebenaran dengan pengertian-pengertian lain. Di dalam bahasa Indonesia, kita biasa bilang "Maaf saya tidak bermaksud begitu" atau "Maksud saya begini..".

Sementara itu, dalam bahasa Inggris cukup bilang: "Sorry, what I meant is this...."(Maaf, yang saya maksud adalah...)

3. Mengatakan hal yang terlalu rumit
Untuk menyederhakan kalimat-kalimat atau ide yang telah diucapkan, maka Kita bisa menggunakan kalimat: "So, basically what I am saying is..." (Jadi, pada dasarnya yang sedang saya katakan adalah..)

4. Terlalu cepat dalam penyampaian pidato
Kadang kita berbicara terlalu cepat, dan tanpa sadar para audience sudah terbengong-bengong. Entah mereka mengerti atau tidak. Tentunya, Kita harus mengulang ide yang telah disampaikan untuk menjadi lebih sederhana. Dalam menggunakan bahasa Inggris, kita bisa katakan: "So, let’s just recap on that." (Jadi, mari kita ikhtisaran/ringkas hal itu.)

5. Wasting time
Kita sudah mengucapkan banyak sekali kata-kata dan tiba-tiba tersadar bahwa kita telah menghabiskan banyak waktu. So, kalau begitu taktik yang baik adalah segera menyimpulkan atau menjelaskan titik poin dari yang ingin disampaikan.

Dalam bahasa Inggris, cukup ucapkan: "So, just to give you the main points here"atau "The main points are..".

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari caramudahbelajarbahasainggris.net)