Present Perfect Progressive dan Contoh Penggunaannya



Apakah Anda melakukan hal yang dulu dilakukan sampai saat ini masih terus dilakukan? Hal tersebut di Indonesia adalah kebiasaan. Kebiasaan di sini adalah hal yang positif misalnya belajar, bekerja dan aktivitas lainnya yang dilakukan secara rutin dari waktu ke waktu hingga sekarang. Sama halnya didalam bahasa Inggris, jika didalam kalimat maka bisa disebut present perfect progressive.

Apa itu present perfect progressive? Present perfect progressive adalah kalimat yang menyatakan kegiatan yang telah dimulai pada waktu lampau dan masih berlanjut hingga saat ini. Pada present perfect progressive, penggunaan kata yang sering digunakan adalah keterangan referensi waktu (time reference) berupa "for" dan "since". Penggunaan referensi waktu ini berdasarkan fungsi utama dari present perfect progressive tense di atas, maka awal waktu sebuah kejadian dimulai harus disebutkan.

Keterangan yang dapat digunakan dari metode present perfect progressive tense bisa berupa periode waktu (a period of time) yang nantinya bergandengan dengan "for" atau suatu saat tertentu di masa lalu (a point in past time) yang bergandengan dengan "since". Kata "For" digunakan untuk menunjukkan rentang waktu atau sudah berapa lama suatu peristiwa telah terjadi, sedangkan kata "since" dipakai untuk menunjukkan awal terjadinya suatu peristiwa atau menunjukkan kapan atau sejak kapan suatu peristiwa mulai terjadi atau mulai dilakukan.

Perbedaan antara for & since bisa dilihat pada penggunaan kalimat berikut:

1. Since (sejak)

Contoh kata yang bisa diikuti oleh Since seperti:

· 14.15 pm (pukul 14.15 siang)
· 1776 (tahun 1776)
· the beginning of time (awal waktu)
· Thursday (Kamis)
· November (bulan November)

2. For (untuk)

Contoh kata yang bisa diikuti oleh For seperti:

· 12 years (12 tahun)
· Six days (6 hari)
· 3 Centuries (3 abad)
· Six months (enam bulan)
· 45 minutes (45 menit)
· a short time (waktu yang singkat)

Jika sudah memahami penggunaan pada for dan since, sekarang kita akan memahami penggunaannya dengan rumus pada present perfect progressive. Berikut rumusnnya:

· Untuk kalimat positif, rumusnya:
Subject + has been/have been + (V1 + ing) + object

· Untuk kalimat pertanyaan:
Has /Have + subject + been (V1 + ing) + object

· Untuk kalimat negatif:
Subject + has not been/have not been + (V1 + ing) + object

Note: gunakan verb has been auxillary pada subjek ke 3 tunggal dan nama diri sedangkan subjek ke 3 jamak dan orang pertama , gunakan have been.

Penggunaan dari fungsi present perfect progressive terbagi atas 2 hal yakni:

1. Present perfect progressive tense berfungsi untuk menyatakan peristiwa yang baru-baru ini terjadi atau yang baru saja terjadi. Untuk fungsi kedua ini, biasanya durasi waktu (duration of time) tidak disebutkan secara rinci dalam kalimat. Keterangan referensi waktu yang dapat kita gunakan adalah "lately" atau "recently".

Contoh:

· Recently, Nicole has been feeling much better (Baru-baru ini, Nicole telah merasa jauh lebih baik).
· Has she been going to the gym lately? (Apakah dia telah pergi ke pusat kebugaran belakangan ini?).
· Recently, the kids have been watching too many movies (Baru-baru ini, anak-anak itu telah menonton terlalu banyak film).

2. Present perfect progressive tense berfungsi untuk menyatakan kegiatan yang telah dimulai pada masa lampau dan masih berlanjut hingga sekarang.

Contoh:

· Have they been watching television since 8 o’clock? (Apakah mereka telah menonton televisi sejak pukul 8: 00?).
· It has not been raining for two days (Hujan telah tidak turun selama dua hari).
· Ahmad and Doni have been playing soccer, so they are very exhausted (Ahmad dan Doni telah bermain sepak bola sehingga mereka sangat lelah).

Oleh: Albert S
(Dikutip dari englishtalk.com)