Preposisi in dan on dalam Keterangan Waktu



Didalam bahasa Inggris, ketika kita menyinggung soal waktu dalam percakapan, pasti preposisi ini tidaklah asing bagi kita yakni preposisi In dan On. Sering kali kita mengunakan kedua preposisi tersebut ketika memulai percakapan terutama dalam waktu. Namun tidak sedikit orang binggung akan penempatan preposisi kata yang benar antara In dan On.

Nah, untuk dapat memahami perbedaan dari 2 preposisi kata ini, yuk kita lihat pemahaman dan penggunaannya berikut ini.

1. On
Preposisi kata On dalam keterangan waktu digunakan untuk menyatakan waktu atau periode secara general dan tidak mengacu pada poin yang spesifik. Kata "on" berarti "di/dalam/pada". Penggunaannya dalam kalimat merujuk kepada pengertian bahwa waktu yang ditentukannya bersifat "agak spesifik", mislanya berkenaan dengan "tanggal, atau hari"

Contoh:

· The students will have an national exam on 15 April of this year (para siswa akan ujian pada tanggal April tahun ini)
· We learn English at school on every Tuesday and Thursday (Kami belajar Bahasa Inggris di sekolah pada setiap hari Selasa dan kamis)
· The independence day of Indonesia is celebrated on August 17th.
· I will sing for you on your holiday party (Saya akan menyanyi buatmu pada pesta hari ultahmu)

2. In
Preposisi kata In dalam keterangan waktu digunakan pada kalimat yang merujuk pada pengertian bahwa waktu yang ditentukannya bersifat "umum", misalnya berkenaan dengan bulan, tahun, atau abad. Selain itu, waktu atau periode secara general dan tidak mengacu pada poin yang spesifik.

Contoh:

· Mario moved to Jakarta in December. (Mario pindah ke Jakarta pada [bulan] Desember).
· I came to your house in the morning.
· She will graduate in December
· They stole my car in the night.

Adapun perbedaan yang mungkin anda sering salah mengartikan antara In time dan On time. In time berarti tidak tepat waktu, namun tidak juga dianggap begitu terlambat. Contoh ketika anda adalah penumpang kereta yang akan berangkat pada 07.00 pagi namun terlambat 5 menit dari jam keberangkatan. Tapi beruntung kereta tersebut belum berangkat. Sehingga anda bisa menaiki kereta tersebut.

Lain halnya dengan On time, On time artinya sesuai dengan waktu yang dijadwalkan. Misalnya ada sebuah rapat yang diselenggarakan pukul 13.00, dan Anda berhasil sampai di lokasi rapat pukul 13.00. Maka itu berarti Anda On Time.

Oleh: Albert S
(Dikutip dari caramudahbelajarbahasainggris.net)