Prefix,suffix dan Affix dalam Bahasa Inggris

17 Januari 2014 Tutorial Bahasa Inggris


Pernah mendengar istilah Prefix, Suffix, Affixes dalam pelajaran bahasa Inggris? Mungkin ada yang mengenal dan belum mengetahui istilah tersebut. Prefix, suffix dan affixes sering kita jumpai dalam kalimat-kalimat bahasa Inggris. Tidak dapat dipungkiri jika sekumpulan morfem ini juga sering menghiasi grammar bahasa Inggris.

Morfem merupakan satuan bentuk terkecil dalam sebuah bahasa yang masih memiliki arti dan tidak bisa dibagi menjadi satuan yang lebih kecil lagi seperti contoh -ed, a, an dan masih banyak lagi. Morfem pada bahasa Inggris terbagi atas 3 yakni Prefix, Suffix dan Affixes. Disini, ada beberapa penggolongan dari arti Prefix, Suffix dan Affixes.

1. Suffix
Suffix merupakan huruf atau kelompok huruf yang ditempatkan di akhir kata atau root (bentuk paling sederhana (base form) dari suatu kata (tidak dapat diuraikan lagi) untuk menghasilkan kata baru.

Suffix memiliki 2 penggolongan yakni:

· Inflectional Suffix
Inflectional suffix jika ditambahkan pada akhir suatu kata akan memberikan variasi secara grammatical tanpa mengubah kelas kata dan maknanya secara drastis (cenderung dapat diprediksi).

Contoh:

→ Penambahan -s/-es pada noun menyebabkan noun tersebut bermakna plural (jamak) seperti book menjadi books,worker menjadiworkers, potato menjadi potatoes.
Penambahan -ing pada verb mengubahnya menjadi bentuk progressive/continuous seperti read menjadi reading, study menjadi Studying.
Penambahan -er pada adjective atau adverb, mengubah bentuknya menjadi comparative seperti clever menjadi cleverer, Fastmenjadi Faster.
Penambahan -er pada adjective atau adverb, mengubah bentuknya menjadi superlative seperti Clever menjadi Cleverest, Fast menjadiFastest.
Penambahan -ed/-d/-t pada base formregular verb mengubah bentuknya menjadi simple past dan past participle seperti Learn menjadi Learned/Learnt, Wash menjadi Washed

· Derivational Suffix
Derivational suffix jika ditambahkan pada akhir suatu kata akan menentukan part of speech (kelas kata) nya. Kata baru yang dihasilkan melalui proses yang disebut derivation (proses pembentukkan kata turunan) dimana maknanya akan berbeda dari kata atau root sebelumnya.

Derivational Suffix terdiri dari:

Noun Suffixes (-acy, -age, -al, -an, -ian, -ance, -ancy, -ant, -ary, -ate, -ation, -dom, -er, -ess, -ful, -hood, -ing, -ive, -ment, -ness, -or, -ory, -ship, -th, -y)
Contoh: Dark (gelap) + -ness menjadi Darkness (kegelapan), Free (bebas) + -dom menjadiFreedom (Kebebasan).
Verb Suffixes (-ate, -en, -er, -ify, -ize) Contoh: Wood (kayu) + -den menjadi Wooden (berbahan kayu), Active (aktif) + -ate menjadi Activate (mengaktifkan).
Adjective Suffixes (-able, -al, -ant, -ary, -ate, -ed, -en, -ful, -ic, -ile, -ing, -ish, -istic, -ive, -less, -like, -ly, -ous, -ward, -wide, -y) Contoh: Friend (teman) + -ly menjadi Friendly (bersahabat/ramah), Self (diri) + -ish menjadi Selfish (egois).
Adverb Suffixes (-ever, -fold, -ily, -ly, -place, -ward, -where, -wise) Contoh: Clock (jam) + -wise menjadi Clockwise (searah jarum jam).

2. Prefix
Prefix merupakan atau kelompok huruf yang ditempatkan di awal kata atau root (bentuk paling sederhana) dari suatu kata (tidak dapat diuraikan lagi) untuk memodifikasi makna dari kata tersebut.
Setiap prefix mempunyai makna (mungkin lebih dari satu makna). Berikut beberapa contoh prefix yang umum digunakan beserta contoh kata bentukkannya.

· Prefix "a" (tanpa) contoh: atypical, amoral,atheist.
· Prefix "anti" (berlawanan) contoh: antioxidant, antibiotic.
· Prefix"dis"(tidak) contoh: disable, dislike.
· Prefix "extra" (melebihi) contoh: extraordinary, extracurricular
· Prefix"ex" (mantan) contoh: ex-captain, ex-husband
· Prefix "macro" (besar) contoh: macrofossil, macroeconomics
· Prefix"mis"(salah) contoh: misheard, misunderstand

3. Affix
Affix merupakan adalah elemen kata yang ditambahkan sebelum, sesudah atau di dalam root atau stem (base form dari suatu kata) untuk menghasilkan kata baru.
Affix yang berada sebelum root disebut prefix, setelah root disebut suffix, sedangkan didalam root disebut infix.

· Prefix (Affix)
Seperti: a-, en-, be-, dis-, un-
Contoh:
along, enlarge, befriend, dislike, unhappy (affix + root)
· Suffix (Affix)
Seperti: -acy, -al, -ate, -hood, -ion
Contoh: supremacy, emotional, passionate, childhood, prescription
· Infix (Affix)
Seperti: -s
Contoh: cupsful, passers-by, sons-in-law (bentuk jamak dari cupful, passer-by dan son-in-law)

(Dikutip dari wordsmile.com)