Perlu Diperhatikan dalam Belajar Grammar Bahasa Inggris untuk Remaja SLTP

1 Februari 2013 Tutorial Bahasa Inggris


Sejauh ini pelajaran bahasa Inggris di sekolah lanjutan dan tingkat menengah memang banyak ditemukan kendala pengajaran. Salah satunya yang paling lazim ditemui adalah, penerapan pelajaran grammar bahasa Inggris yang dinilai siswa sebagai materi pelajaran yang paling menyulitkan.

Entah mengapa belajar grammar bahasa Inggris untuk remaja SLTP seakan menjadi momok yang menakutkan, sehingga para siswa SLTP enggan mempelajarinya ke tingkatan yang lebih serius. Sebagai mana kita ketahui, bahasa Inggris memang memiliki peraturan tata bahasa yang banyak dan memusingkan.

Namun hal ini tak bisa dijadikan alasan untuk tidak mempelajari tata bahasa Inggris dengan baik dan benar. Agar bisa memahami tata bahasa Inggris, tentunya dibutuhkan beberapa metode khusus dalam menjalankan kegiatan belajar grammar bahasa Inggris untuk remaja SLTP.

Satu hal yang perlu di ingat jauh sebelum mempelajari grammar bahasa Inggris adalah memperbanyak kosa kata bahasa Inggris terlebih dahulu. Sebab kosa kata bahasa Inggris atau lebih sering disebut dengan istilah vocab yang merupakan kependekan dari vocabulary, adalah sesuatu yang paling mendasar dalam mempelajari tata bahasa Inggris. Logikanya adalah dengan penguasaan kosa kata yang memadai, Anda tentunya akan lebih mudah menyusun sebuah kalimat dengan grammatical yang sesuai.

Langkah selanjutnya dalam proses belajar grammar bahasa Inggris untuk remaja SLTP adalah, cobalah untuk memberikan pemahaman grammar dengan lebih sederhana berikut contoh pengaplikasiannya. Misalnya dengan memberikan contoh percakapan bahasa Inggris sehari-sehari, dan mengajak mereka untuk langsung praktek bersama teman-teman lainnya. Dengan begini kemampuan pronunciation dapat terasah sekaligus sambil mempelajari grammar.

Tulis dan rangkum rumus grammar, kemudian pelajari setiap hari sambil terus melatih diri menciptakan kalimat dengan grammatical yang sesuai aturan tata bahasa Inggris. Hal ini perlu dilakukan dalam kegiatan belajar grammar bahasa Inggris untuk remaja SLTP, demi mengasah keterampilan berbahasa mereka.

Hal lain yang perlu di ingat adalah dengan mendorong siswa untuk terus berbahasa Inggris dalam lingkungannya. Hal ini juga penting untuk membangun rasa percaya diri mereka, sehingga nantinya pemahaman grammar yang baik bisa terbangun dalam diri siswa dengan sendirinya. Jangan lupa untuk merekomendasikan tempat les bahasa Inggris yang kompeten demi memaksimalkan proses belajar grammar bahasa Inggris untuk remaja SLTP.