Bahasa Inggris
30 Januari 2013

Perkaya Vocabulary Agar Mahir Bahasa Inggris

Tak jarang seseorang yang baru mulai belajar bahasa Inggris bingung menentukan pilihan, manakah yang harus di pelajari terlebih dahulu antara conversation (percakapan) atau justru belajar grammar bahasa Inggris (tata bahasa Inggris).

Sebenarnya tak perlu sulit menentukan arah, sebab yang paling utama untuk dipelajari terlebih dahulu adalah penguasaan kosa kata atau vocabulary.

Kosa kata adalah kunci dalam mempelajari bahasa. Bayangkan bagaimana Anda bisa merangkai sebuah kalimat dalam bahasa Inggris, sementara vocabulary yang dikuasai hanya sedikit. Jadi sebelum terlalu jauh memikirkan lebih penting mana antara belajar grammar bahasa Inggris atau belajar conversation, ada baiknya jika terlebih dahulu menambah kekayaan kosa kata dalam bahasa Inggris. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan:

1.Salah satu yang paling mudah dilakukan adalah dengan rajin-rajin membaca kamus bahasa Inggris. Baca dan pahami tiap kata di dalamnya, tak perlu memaksa diri jika dirasa telah overload. Cobalah untuk mengingat 10 kata baru setiap hari, atau mulailah dari kata-kata yang paling sering digunakan sehari-hari.

2.Hafalkan kata-kata yang berada dalam 1 kelompok. Misalnya dimulai dari mengingat semua benda-benda yang berhubungan dengan kamar tidur seperti bantal, tempat tidur, kasur, selimut, dan lain sebagainya.

3.Jika Anda kreatif, cobalah untuk membuat personal dictionary. Buatlah catatan kamus Anda sendiri, catatkan didalamnya setiap kata baru, aneh, atau tidak familiar di telinga yang ditemukan sehari-hari. Kemudian carilah terjemahan dari kata-kata tersebut, bisa lihat di kamus atau platform Google Translate, dan jangan lupa untuk rajin meng-update serta dibaca setiap hari. Suatu hari nanti Anda akan tahu berapa banyak kata-kata yang telah dikumpulkan dalam hidup.

4.Setelah dirasa memiliki vocabulary yang cukup jangan lupa untuk mempraktekannya dalam percakapan sehari-hari. Cobalah rangkai beberapa kalimat sederhana yang mungkin bisa diaplikasikan dalam percakapan sehari-hari. Jika perlu catat di dalam personal dictionary Anda bagaimana kata yang tepat untu memberi salam, menyapa seseorang, memulai pembicaraan, menjawab pertanyaan dan lain sebagainya dalam bahasa Inggris.

5.Kemudian luangkan satu sampai dua jam waktu Anda untuk melatih dan membiasakan lidah dalam mengucap kata-kata tersebut secara berkala. Jangan takut salah terlebih dahulu, apalagi sampai malu karena merasa belum mahir. Ingat, Anda tidak akan pernah mahir berbicara bahasa Inggris tanpa pernah mencoba untuk bicara.


Tutorial Bahasa Inggris Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Artikel dan Berita Promo Tahukah Kamu? Hiburan Karir Iklan Baris