Perbedaan Prominent dan Eminent pada Kalimat

14 September 2015 Tutorial Bahasa Inggris


Banyak sekali dalam makna yang memiliki kesamaan pada bahasa Inggris seperti Good & Well yang telah dipelajari beberapa saat yang lalu. Jika Good & Well penggunaannya bisa antara kata kerja dan kata sifat, bagaimana jika kedua kata sifat memiliki kesamaan makna namun berbeda dalam penggunaannya? Sebut saja antara Prominent & Eminent.

Eminent dan prominent keduanya adalah kata sifat. Keduanya dapat digunakan untuk membicarakan orang yang sangat terkenal dan telah sukses di bidangnya. Jika dilihat dari penggunaannya jelas berbeda. Perbedaan penggunaan antara Prominent & Eminent bisa disimak berikut ini.

1. Prominent
Prominent adalah sebutan bagi figur yang dikenal dengan baik oleh khalayak dan penting. Contohnya:

· Bill Gates is a prominent figure in the world of computers. (Bill Gates adalah tokoh terkemuka dalam dunia komputer)

Sekarang ini, sangat mungkin untuk menjadi prominent (terkemuka) tanpa harus menjadi eminent (terkenal) karena ketermukaan (eminence) tergantung pada rasa hormat yang diperoleh melalui keterampilan (skill), pendidikan, dan pengakuan publik.

Prominent juga memiliki beberapa arti pula, dapat memiliki arti mudah dilihat atau menonjol & mencuat (sticking out).

Contoh:

· His arm was badly cut in the accident and he has been left with a prominent scar. (Lengannya terluka sangat parah dalam kecelakaan itu dan dia memiliki luka yang mudah dilihat)
· The builders did a really bad job. The floor was very uneven and there was a prominent bump in one of the walls. (Tukang bangunan itu melakukan pekerjaan yang sangat buruk. Lantainya sangat tidak rata dan ada tonjolan yang mencuat di salah satu tembok)

2. Eminent
Eminent berisi gagasan bahwa seseorang dihormati. Contohnya, jika seorang dokter memiliki kualifikasi yang baik, telah memiliki banyak kesuksesan dalam karirnya dan sering diminta memberikan nasihat kepada para dokter lainnya karena dia dikenal sangat bagus dalam pekerjaannya, kita dapat mendeskripsikannya sebagai eminent.

Contoh:

· The proposal for the research centre has the backing of Sir David Jones, one of the world’s most eminent statisticians. (Proposal untuk pusat riset itu memiliki dukungan Sir David Jones, salah satu ahli statistik paling terkemuka di dunia)

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari halloinggris.com)