Perbedaan Phrasal Verb dan Preposition Verb pada Kalimat



Beberapa saat yang lalu, kita telah mengenal Phrasal Verb & Preposition Verb pada kalimat bahasa Inggris. Mungkin diantara kita ada yang berpikiran jika kedua jenis verb tersebut memiliki sama dan bahkan bisa disebut sama. namun sebenarnya penggunaan kedua verb ini tidaklah sama karena perbedaannya terletak pada penggabungan kata kerja.

Kadang-kadang prepositional verb juga dianggap sebagai phrasal verb karena sebagian mengartikan phrasal verb sebagai kombinasi antara verb dan particle atau preposition. Perbedaan dari kedua jenis verb ini adalah Phrasal verb merupakan kombinasi antara verb dan particle (sebagian besar particle bentuknya sama dengan preposition) sedangkan prepositional adverb kombinasi antara verb dan preposition.

Mungkin jika dijelaskan secara singkat seperti diatas bisa saja kurang dipahami perbedaannya namun berikut ini, Anda dapat memahami beberapa perbedaan antara Phrasal Verb & Preposition Verb.

1. Pada transitive phrasal verb objek mungkin dapat menempati posisi sebelum atau sesudah particle karena particle dapat berpindah posisi, sementara pada prepositional verb objek selalu setelah preposition karena preposition posisinya tetap. Adapun pada phrasal verb pengucapan particle ada penekanan (stress), berbeda dengan preposition pada prepositional verb.

Contoh:

· Fill out this form atau Fill this Form out(Phrasal Verb)
· We’re talking about climate change (Prepositional Verb)

2. Adverbial (adverb atau struktur lain yang berfungsi sebagai adverb) mungkin dapat berada di antara verb dan preposition pada prepositional verb, namun tidak mungkin berada di antara verb dan particle pada phrasal verb.
Contoh:

· Please look carefully at the document before you sign it.
(Tolong lihat dengan seksama dokumen tersebut sebelum kamu menandatanganinya.)

3. Tidak semua phrasal verb punya objek, hanya transitive phrasal verb (adapula intransitive phrasal verb); sedangkan prepositional verb selalu mempunyai objek setelah preposition-nya. Noun (phrase) yang mengikutiphrasal verb merupakan objek dari verb, lain halnya yang mengikutiprepositional verb merupakan objek dari preposition.
Contoh:

· He will show up soon. (Phrasal verb)
(Dia akan segera tiba.)
· May I turn off the light? (Phrasal verb)
(Bolehkah saya mematikan lampu?)
· You should care for your parents. (Prepositional verb)
(Kamu seharusnya peduli kepada orangtuamu.)

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari wordsmile.com)