Perbedaan Penggunaan Kata Effective dan Efficient



Salah satu yang banyak orang pikirkan untuk menentukan sesuatu dalam memilih keputusan adalah efektif dan efisien. Sama halnya ketika kita menentukan cara-cara yang bisa mempersingkat waktu dan juga ketepatan waktu dalam mengerjakan sesuatu. Kita mungkin pernah mempelajari kalimat efficient & effective dalam kalimat.

Efficient dan effective sama-sama merupakan qualitative adjective(kata sifat yang mendeskripsikan karakteristik atau penilaiansuatu kata benda). Di dalam bahasa Inggris kedua kata tersebut merupakan false friend karena maknanya tidak tepat sama.

Jika seseorang atau sesuatu efficient berarti seseorang atau sesuatu tersebut bekerja dengan terorganisir (well-organized) tanpa membuang waktu, uang, atau energi; sedangkan jika sesuatu effective berarti sesuatu tersebut membuat hasil atau efek yang sesuai dengan yang diinginkan.

Nah, untuk membedakan kedua kalimat tersebut, ada beberapa contoh yang bisa kita lihat untuk membedakan dan menentukan kalimat efisien dan efektif berikut ini.

Contoh:

· Are antibacterial soap more effective than plain soap for killing germs?
(Apakah sabun anti bakteri lebih efektif dari sabun biasa dalam membunuh kuman?)

· Getting more sleep is an effective way to cure flu.
(Tidur lebih banyak merupakan cara yang efektif untuk menyembuhkan flu.)

· The only effective way to avoid hay fever at this time of the year, if you are a sufferer, is to stay indoors.(satu-satunya cara yang manjur untuk menghindari demam untuk saat ini jika Anda terkena demam adalah tetap tinggal di dalam rumah)

· These tablets really are effective. My headache’s much better now.(obat ini benar-benar efektif. Sakit kepalaku sekarang mulai membaik)

· In this light, the camera is more effective if you use the flash. (didalam ruangan yang terang kamera lebih efektif jika Anda menggunakan mode flash)

· Being efficient at work will not only impress your boss, but also make you feel happier.
(Menjadi efisien di tempat kerja tidak hanya mengesankan bosmu tapi juga membuatmu merasa lebih bahagia.)

· Many students want to know the most efficient way to study English.
(Banyak siswa ingin tahu cara paling efisien dalam belajar bahasa Inggris.)

· Make sure the refrigrator you buy is energy efficient.
(Pastikan kulkas yang kamu beli hemat energi.)

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari wordsmile.com)