Perbedaan Imparative dan Exclamatory Sentences

6 Februari 2014 Tutorial Bahasa Inggris


Jika kita beberapa hari yang lalu telah mempelajari kalimat Imperative, maka saat ini akan mempelajari tentang lawan dari Imperative Sentences yakni Exclamatory Sentences. Exclamatory Sentences sendiri merupakan jenis kalimat dalam bahasa Inggris untuk menyatakan perasaan yang kuat (strong feeling) melalui seruan. Exclamatory sentence diakhiri oleh tanda baca exlamation mark (tanda seru).

Tipe kalimat yang lain adalah declarative, interrogative, dan imperative sentence. Semua tipe tersebut - khususnya declarative sentence - jika diucapkan dengan intonasi yang tepat, dapat digunakan untuk membentuk exclamatory sentence.

Perbedaan dari kalimat Imparative dan Exclamatory ialah jika Imperative Sentences digunakan untuk meminta atau memberi perintah. Tipe kalimat ini umumnya diakhiri oleh tanda titik. Namun Imperative senteces ada yang dinyatakan dengan strong emotion.Jika dilihat dari kalimatnya, imperative menjadi exclamatory sentence yang diakhiri oleh exclamation mark.

Contoh:

·Please, don’t step the garden (mohon untuk tidak menginjak taman) Imparative Sentences
·Don’t step the garden !(Dilarang menginjak taman !) Exlamatory Sentences

Note:

Jika Kalimat imperative di atas secara sederhana bermaksud untuk tidak menginjak taman sedangkan Exclamatory sentence di atas menekankan orang tidak boleh menginjak taman. Mungkin taman bisa rusak jika diinjak. Tidak hanya itu saja contoh dari perbedaan Imparative & Exclamatory Sentences. Berikut ada beberapa contoh Exclamatory Sentences.

Contoh dalam kalimat:

·Watch out!
(Awas!)
·Don’t pound the door!
(Jangan menggedor pintu!)
·How cute the cat is!
(Betapa manisnya kucing itu!)
·Hey! He comes!
(Hei! Dia datang!)
·Go away from me!
(Pergilah dari hadapanku !)

(Dikutip dari Wordsmile.com)