Perbedaan Antara "Attributive Adjective" dan "Predicative Adjective"



Tidak asing lagi bagi kita jika mendengar kata Adjective. Adjective sendiri lebih dikenal dengan kata sifat. Umumnya adjective sendiri merupakan kata yang menjelaskan suatu benda yang sedang dibicarakan. Jadi jika dikalimat bahasa Indonesia, Adjective sendiri berperan sebagai kata keterangan. Adjective sendiri dasarnya memang menjelaskan tentang suatu benda baik yang tunggal maupun banyak.

Meskipun bisa dikatakan sebagai kata pelengkap kata benda, Adjective sendiri juga memiliki aturan dalam penggunaannya pada beberapa kalimat dalam bahasa Inggris dan perlu kita ketahui bagaimana cara penggunaannya. Fungsi dari Adjective memang beragam penggunaannya. Oleh karena itu, kita juga harus bisa mempelajari kapan kita dapat menentukan Adjective pada kalimat.

Adjective sendiri memiliki 2 macam yaitu attributive adjective dan predicative adjective. Meskipun sama-sama pelengkap noun, namun perbedaan pada 2 jenis ini terlihat pada letak Adjective itu sendiri. Apa saja perbedaannya? Yuk kita dalami kembali jenis-jenis Adjective ini.

1. Attributive adjective
Jenis adjective ini terletak di bagian depan atau sebelum noun. Dinamakan sebagai attributive karena fungsinya yang berperan sebagai atribut serta menyatu dengan noun
Beberapa adjective hanya (umumnya) digunakan sebelum nouns. Setelah kata kerja (linking verb), kata yang lain harus digunakan. Artinya, adjective-adjective ini adalah adjective yang tidak bisa dijadikan sebagai predikat alias hanya bisa diletakkan sebelum noun saja.

Contoh:

· Kata "Live"
Attributive Adjective: a live cat
Predicative Adjective: it is still alive

· Little
Attributive Adjective: a nice little house
Predicative Adjective: this house is quite small
· Can I borrow your red pen? (Bisakah saya meminjam pena merahmu?)
· I like your new shoes. (Saya menyukai sepatu baru anda)

2. Predicative adjective
Berbeda dengan Attributive, predicative adjective posisinya terletak setelah to be serta kata kerja linking verbs. Sifatnya berbentuk predikat sehingga berada setelah adjective bahkan setelah kata kerja. Secara sederhana bisa kita katakan bahwa kata sifat ini terpisah oleh kata benda dan dipisahkan oleh linking verbs.
Beberapa linking verbs yang bisa digunakan sebelum predicative adjective antara lain adalah: Appear, be, become, feel, get, grow, look, prove, remain, seem, smell, stay, sound, taste, turn.

Contoh:

· Your dress is new. (Gaunmu baru.)
· His face looks pale. (Wajahnya terlihat pucat.)
· My brother feels happy. (Saudara laki-laki saya merasa gembira.)
· The baby is asleep. Jika digunakan sebagai attributive adjective maka menjadia sleeping baby. (tidak bisa an a sleep baby)

Oleh: Albert S
(Dikutip dari caramudahbelajarbahasaInggris.net)