Pentingkah Belajar Grammar?

28 September 2016 Tutorial Bahasa Inggris   |    Iman Prabawa


Kali ini saya mau sharing mengenai pentingkah belajar grammar. Sepertinya belajar grammar itu menjadi suatu momok yang menakutkan ya bagi sebagian besar orang. Begitu sudah masuk ke bagian grammar, sepertinya udah langsung alergi atau gimana gitu. Ah gue mah pinginnya langsung conversation aja deh, ngga usah grammar-grammar segala! Pusing!

Nah sebenarnya apa sih untungnya buat kita belajar grammar? Saya ingin sharing aja mengenai hal ini. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya.

Penting Ngga Sih Belajar Grammar Itu?

Sebenarnya penting kah untuk kita belajar grammar itu? Tergantung tujuan kita dalam belajar bahasa Inggris tentunya. Karena grammar itu adalah seperangkat peraturan (a set of rules) dalam sebuah bahasa, kalau di kita bahasa Indonesia mungkin Ejaan Yang Disempurnakan. Jadi grammar itu adalah peraturan-peraturan yang dibuat agar bahasa kita menjadi lebih baik. Atau kalau saya menggunakan kata-kata yang mudahnya, kalau kita mau bahasa kita naik kasta ya kita perlu untuk belajar grammar.

Dengan belajar grammar memungkinkan kita bisa menulis sesuatu dalam bahasa Inggris dalam tingkatan standar bahasa yang lebih tinggi. Standar bahasa yang lebih tinggi ini biasanya digunakan untuk keperluan misalnya surat kabar, atau di pekerjaan. Kita sudah pasti akan cenderung menggunakan bahasa-bahasa yang resmi dan jarang sekali menggunakan bahasa-bahasa tidak resmi atau bahasa sehari-hari kita.

Jadi teman-teman lihat dulu peruntukannya ketika teman-teman ingin belajar bahasa Inggris. Kalau teman-teman tujuan untuk belajar bahasa Inggris agar teman-teman bisa kuliah di luar negeri misalnya, sudah pasti teman-teman perlu untuk belajar grammar secara mendetail, karena penggunaan bahasa ketika kuliah sudah pasti adalah banyak bahasa-bahasa resmi yang digunakan.

Atau kalau teman-teman berniat untuk belajar bahasa Inggris untuk digunakan untuk bekerja. Nah untuk ini juga teman-teman sudah pasti perlu untuk belajar grammar, karena di lingkungan pekerjaan biasanya bahasa Inggris yang digunakan adalah bahasa Inggris yang formal dan bukan bahasa Inggris yang santai.

Ketika teman-teman diminta untuk membuat surat perjanjian atau mengirim e-mail kepada kantor pusat yang berada di Amerika misalnya, sudah pasti bahasa yang teman-teman akan gunakan di dalam e-mail tersebut adalah bahasa-bahasa yang formal. Jadi tentunya teman-teman sangat perlu untuk mempelajari grammar agar bahasa Inggris yang teman-teman gunakan pun lebih baik.

Sementara kalau teman-teman hanya ingin belajar bahasa Inggris supaya teman-teman bisa mengerti ketika menonton film, ya teman-teman ngga terlalu perlu untuk mengerti grammar berarti.

Nah kira-kira seperti itu dulu ya sharing dari saya mengenai pentingkah belajar grammar itu. Semoga bisa memberikan ide untuk teman-teman semuanya. See you guys..

Salam hangat,

Imam Prabawa
(Lihat tutorial bahasa inggris lainnya di belajarbahasainggrisiman.blogspot.co.id)