Pengunaan Even Though dan Even If

16 September 2015 Tutorial Bahasa Inggris


Kesamaan dalam arti tidak mesti sama dengan penggunaannya. Sama halnya ketika kata Even ditambahkan beberapa kata kerja menjadi makna yang lain seperti contoh Even Though & Even If. Mungkin kita akan menganggap jika kedua kata ini bisa digunakan bergantian dalam kalimat padahal sebenarnya tidaklah demikian. Even if dan even though tidak dapat digunakan secara bergantian atau sebagai substitusi karena keduanya memiliki arti yang berbeda.

Untutk Even though’ memiliki arti sama dengan ‘despite the fact that’ (meskipun sebenarnya/faktanya....). Sedangkan ‘even if’ berarti ‘whether or not’ (Terlepas dari..........atau tidak/bukan). untuk melihat penggunaannya pada kalimat, berikut beberapa ulasan mengenai Even Though & Even If.

Contoh kalimat Even If:

· Even if I had two hours to spare for shopping, I wouldn’t go out and buy a suit.
(Terlepas dari saya memiliki dua jam untuk diluangkan untuk belanja atau tidak, saya tidak akan pergi keluar dan membeli jas)
· Even if he loses his job as Arts Minister, I think he’ll continue to serve in the government. (Terlepas dari dia kehilangan pekerjaanya sebagai menteri seni atau tidak, Saya rasa dia akan terus mengabdi di pemerintahan)
· Even if I clean and polish it, it still won’t look new. (Bahkan jika saya membersihkan dan memolesnya, Ini masih tidak akan terlihat baru.

Contoh Kalimat Even Though:

· Even though he lost his job as Arts Minister, he continued to serve in the government. (Meskipun faktanya/walaupun dia kehilangan pekerjaannya sebagai menteri seni, dia melanjutkan mengabdi pada pemerintah)
· Even though the injury was serious, she decided to carry on playing. It was an important match. (Walaupun cederanya serius, dia memutuskan untuk melanjutkan permainan. Ini adalah sebuah pertandingan penting)
· Even though I’ve cleaned it and polished it, it still doesn’t look new.
(Meskipun faktanya saya telah membersihkannya dan memolesnya, ini masih tidak terlihat baru)
· Even though I had two hours to spare for shopping, I couldn’t find the suit I wanted.
(Meskipun faktanya saya memiliki dua jam untuk diluangkan untuk belanja, saya tidak dapat menemukan jas yang saya inginkan)

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari haloinggris.com)