Penggunaan Proper Adjective pada Kalimat

25 Februari 2017 Tutorial Bahasa Inggris


Darimanakah Anda berasal? Jika pertanyaan tersebut diberikan kepada orang, pasti ada yang memberikan respon berupa asal negara, kota dan lainnya. Contoh saya berasal dari kota Jakarta, John berasal dari Inggris dan banyak contoh jika menyangkut asal seseorang. Demikian halnya dengan bahasa Inggris. Untuk bertanya mengenai asal tempat, kita menggunakan Proper Adjective.

Proper adjective adalah adjective(kata sifat) yang biasanya merupakan hasil turunan dari proper noun (penggolongan kata benda secara spesifik seperti untuk nama orang, tempat, dan benda). Seperti proper noun, adjective ini umumnya diawali dengan capital letter (huruf kapital).

Seperti tipe kata sifat lainnya, proper adjective berfungsi untuk menerangkan noun (kata benda), namun dengan cara yang jauh lebih spesifik. Proper adjective memberikan julukan tertentu kepada orang atau tempat atau dari orang, tempat, atau hal. Tipe adjective ini mungkin dapat membuat kalimat menjadi lebih ringkas (concise) dengan menggantikan adjective clause yang mendeskripsikan suatu kata benda.

Proper adjective seringnya dibentuk dengan menambahkan suffix (akhiran) tertentu seperti: -an, -ese, -ian, atau -ish pada proper noun. Namun ada juga proper adjective yang tidak didapat dari turunan proper noun yang berhubungan dengannya. Pertimbangkan untuk mengecek proper adjective di Vocabulary (Kamus).

Contoh Proper Adjective:

· African
· European
· Zimbabwean
· Japanese
· Javanese
· Polish
· British
· Belgian
· French
· Dutch
· Greek

Contoh Proper Adjective dalam kalimat:

· Japanese people generally don’t have middle names.
(Orang Jepang umumnya tidak punya nama tengah.)
· Why is Belgian chocolate so famous?
(Mengapa coklat Belgia sangat terkenal?)
· The Chinese dumplings are the best item on the menu.
· German chocolate cake is very rich in flavor and texture.
· The Japanese paper cranes are meant for good luck.
· The African drums sounded loud in the concert hall.
· The Russian opera by Stravinsky is very beautiful.

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari wordsmile.com)