Penggunaan Preposition of dalam Bahasa Inggris

21 September 2016 Tutorial Bahasa Inggris   |    Iman Prabawa


Halo teman-teman, kali ini saya mau sharing mengenai penggunaan preposition of dalam bahasa Inggris. Nah saya barusan menyebut kata preposition. Apakah preposition itu? Preposition ini termasuk ke dalam 8 parts of speech. Nah lho? Apalagi tuh parts of speech?? Awal-awal saya belajar juga bingung apa sih part of speech itu?

Saya akan coba menjelaskan dengan cara yang mudah sehingga teman-teman akan gampang untuk mengerti dan mengingat. Part itu artinya bagian, speech itu artinya pembicaraan. Jadi parts of speech adalah bagian dari pembicaraan. Maksudnya adalah gini, kalau kita berbicara, pasti mengandung beberapa kata dong? Kata-kata yang kemudian disusun menjadi sebuah kalimat.

Nah kata-kata ini kalau kita jabarkan satu per satu dalam sebuah kalimat, hanya akan ada 8 buah macamnya. Ini dalam bahasa Inggris seperti itu, jadi inilah yang dimaksud dengan parts of speech.

Mengenal Apa Itu Preposition

Kemudian kita lanjut ke tadi, apa sih preposition itu? Preposition adalah kata-kata yang menjelaskan mengenai hubungan antara noun dengan noun, verb atau adverb. Contoh katanya antara lain in, on, at, into, beside, above, below, with dan of. Nah pembahasan kita kali ini adalah mengenai penggunaan preposition of dalam bahasa Inggris.

Sampai sini teman-teman sudah mengerti kan ya? Kalau begitu sekarang saya mulai akan menjelaskan mengenai penggunaan preposition of ini.

Menggunakan Preposition Of Dalam Bahasa Inggris

Sekarang pertanyaannya adalah kapan sih kita menggunakan preposition of dalam bahasa Inggris ini? Yang pertama adalah kalau kita membahas mengenai possession atau kepunyaan. Kita lihat contoh dua kalimat di bawah ini dulu ya.

The leg of the chair is broken. (Kakinya kursi patah)

The dog's leg is broken. (Kakinya anjing patah)

Nah kita perhatikan dua kalimat yang ada di atas. Kalimat yang pertama, dimana kita menggunakan preposition of, itu menunjukkan kepunyaan. Kepunyaan siapa? Dalam hal ini adalah menunjukkan kepunyaan si kursi, jadi kaki punyanya si kursi itu patah. Nah untuk benda yang tidak hidup, biasanya kita tidak menggunakan 's, seperti kita tahu tanda petik dan s tersebut menunjukkan kepunyaan kan, tapi biasanya secara formal tulisan kita tidak menggunakan kalimat misalnya "The chair's leg is broken" dan lebih kepada "The leg of the chair is broken".

Walaupun mungkin secara percakapan sehari-hari teman-teman mungkin sering mendengar orang-orang bule berbicara, "The chair's leg is broken", tapi secara penulisan hal ini kurang tepat dan lebih tepat yang "The leg of the chair is broken."

Nah jadi yang pertama penggunaan preposition of itu dalam konteks possession adalah untuk sebuah benda yang tidak hidup. Sementara untuk possession yang menggunakan tanda petik dan s ('s) kita menggunakannya untuk orang, sekumpulan orang, organisasi, negara, atau binatang.

Kemudian yuk kita lihat kepada dua kalimat yang ada di bawah ini.

My father's house is really nice. (Rumah ayah saya nyaman sekali)

The house of my father is really nice. (Rumah ayah saya nyaman sekali)

Nah kalau kita lihat kepada dua kalimat di atas, yang lebih tepat yang mana? Yang lebih tepat kita gunakan adalah kalimat yang pertama yaitu "My father's house is really nice" dan bukannya "The house of my father is really nice". Karena seperti yang sudah tadi saya jelaskan, rumah disini menunjukkan kepunyaannya ayah, dimana ayah itu adalah termasuk orang. Sehingga kita menggunakan tanda petik dan s ('s) untuk menunjukkan kepunyaan si ayah tersebut. Walaupun memang secara grammar kedua kalimat tersebut memang benar dua-duanya.

Lanjut lagi nanti ya teman-teman, kebetulan saya ingin meneruskan dulu apa yang harus saya kerjakan. Kalau teman-teman ingin tahu lebih banyak, teman-teman bisa menonton video yang ini, dimana saya juga banyak belajar dari video tersebut.

Kalau begitu saya sudahi dulu tulisan saya mengenai penggunaan preposition of dalam bahasa Inggris, namun ini belum selesai ya. Kita lanjut lagi pembahasan mengenai hal ini di tulisan saya yang berikutnya ya. Pantengin terus makanya blog belajar bahasa Inggris online dari saya ini. Sampai ketemu lagi and see you guys..

Salam hangat,

Imam Prabawa
(Lihat tutorial bahasa inggris lainnya di belajarbahasainggrisiman.blogspot.co.id)