Penggunaan Modals Can pada Bahasa Inggris

4 Desember 2013 Tutorial Bahasa Inggris


Kosakata bahasa Inggris yakni Can merupakan salah satu modals yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Can memiliki 2 arti. Jika Can dalam kata benda berarti kaleng(satuan), sedangkan Can dalam auxiliary verb berarti Dapat / Bisa. Can dalam kata kerja sering kita ketahui ialah berbicara tentang sebuah kemampuan. Misalnya saya bisa berbahasa Inggris, Mereka dapat memenangkan kejuaraan futsal, Dia bisa meraih peringkat satu dan masih banyak lagi yang berbicara tentang kemampuan.

Namun pada situasinya, Can memiliki berbagai fungsi dalam penulisan serta serta percakapan bahasa Inggris. Nah apa sajakan fungsinya? Berikut penjelasan dari kosakata Can.

1. Memberikan atau meminta izin

Contoh:

· Can I smoke here?

· Can I ask to you?

· You can leave this room now.

· You cannot come in.

Di kalimat pertama, seseorang mengatakan bahwa "Bisakah saya merokok disini?". Secara langsung, orang tersebut meminta izin untuk merokok di sebuah ruangan. Kemudian, di kalimat yang ketiga berbunyi "Kamu dapat meninggalkan ruangan ini sekarang". Di kalimat ketiga tersebut terlihat ada seseorang yang memberi izin kepada orang lain yang ingin meninggalkan ruangan tersebut saat ini.

2. Berhubungan dengan indra dan situasi saat ini

Contoh:

· Can you smell something burning?

· I can’t hear that noise.

· I can taste this food. It’s good.

· I can see those people walk to us.

"Apakah kamu mencium bau terbakar?" Kira kira itulah arti dari kalimat pertama. Empat kalimat di atas menandakan bahwa ada seseuatu yang terjadi saat ini dan mereka sedang menggunakan Can di dalam kalimatnya. Jadi, Can dapat digunakan pada masa sekarang dan ketika terjadi sebuah peristiwa.

3. Mengungkapkan kemungkinan

Contoh:

Kita menggunakan Can untuk menyatakan sebuah kemungkinan ata ketidakmungkinan seseorang dalam melakukan sesuatu. Sebagai contoh, kalimat-kalimat berikut akan menjelaskannya kepada Anda.

· Can you bring that heavy bag?

· I can’t go to the cinema tonight.

· You can leave me and pick your child up now.

· You can eat in here if you want.

Kita lihat kalimat pertama dimana seseorang mengatakan bahwa "Bisakah kamu membawa tas yang berat itu?". Seseorang yang berbicara tersebut mengatakan sebuah kemungkinan terhadap kemampuan orang lain dalam membawa tas yang berat tersebut.

4. Mengungkapkan kemampuan

Contoh:

· I can speak English well.

· I cannot drive.

· I can’t find him.

"Saya bisa berbahasa Inggris dengan baik" itulah kalimat pertama yang diucapkan oleh pembicara. Dia mengungkapkan bahwa Ia memiliki kemampuan untuk berbicara bahasa Inggris dengan baik.

5. Menawarkan sesuatu, meminta, dan memberikan instruksi

Contoh:

· What can I do you?

· Can you do that for me?

· When you finish your homework, you can go outside and meet your friends.

Kalimat pertama terlihat bahwa ada seseorang menawarkan bantuan denganberkata "apa yang bisa saya lakukan untuk Anda?". Di kalimat kedua terlihat bahwa ada seseorang yang meminta bantuan, dan dikalimat ketiga ada seseorang yang memberikan sebuah instruksi.

(Dikutip dari caramudahbelajarbahasainggris.net.)