Penggunaan Metode Pembelajaran GTM pada Bahasa Inggris



Penting sebagai seorang guru memiliki metode pengajaran yang dapat diterima oleh anak didiknya sehingga apa yang telah diajarkan serta disampaikan bisa diserap sepenuhnya. Banyak guru yang menerapkan metode belajarnya masing-masing. Nah, ada metode pembelajaran yang bisa saja menjadi referensi guru untuk memberikan ilmunya agar bisa diterima oleh anak didik.

Salah satu metode pembelajaran yang dimaksud adalah GTM atau Grammar Translation Method. Grammar Translation Method adalah sebuah metode mengajar yang biasa digunakan untuk mengajarkan grammar dengan karakteristik utama berfokus kepada translation (penerjemahan) dan menghafalkan bentuk-bentuk kata kerja, ketika mengajar, guru biasanya menjelaskan materi dengan menggunakan bahasa lokal.

Skill utama yang menjadi fokus metode ini adalah membaca(reading) dan menulis (writing). Meskipun metode ini terbilang tua dan konvesional, ternyata masih banyak yang mengaplikasikannya untuk mengajar bahasa asing, terutama bahasa inggris.

Tujuan dari Pembelajaran GTM ini beragam seperti:

· Untuk mengembangkan kemampuan menulis (writing) dan membaca (reading)
· Untuk membuat siswa mampu membaca literatur yang ditulis dalam bahasa target (bahasa asing yang diajarkan)
· Untuk membuat murid mampu menterjemahkan bahasa ibu ke bahasa target atau sebaliknya, misalnya bahasa indonesia ke bahasa inggris atau bahasa inggris ke bahasa indonesia.

Selain itu dalam metode ini, ada beberapa faktor utama pada metode pembelajaran GTM yakni:

· Anak didik diajarkan dengan menggunakan bahasa asli dengan menyisipkan sedikit bahasa target/asing.
· Vocabulary diajarkan dalam bentuk daftar
· Penjelasan panjang diperlukan ketika membahas grammar
· Pembahasan konten tidak terlalu diperhatikan, treatment dengan cara memberikan latihan dalam menganalisis grammar.
· Sistem drill (pengulangan) seringkali hanya dilakukan saat menerjemahkan kalimat.
· Tidak terlalu memperhatikan pronunciation (cara pengucapan kata)

Metode ini sendiri bukan berarti tidak memiliki manfaat. Manfaat dari penggunaan GTM adalah:

· Murid mudah mengerti aturan karena berfokus kepada grammar. Murid yang diajar dengan metode GTM biasanya memiliki kemampuan di dalam menterjemakan sebuah teks. Ini dikarenakan mereka memiliki kelebihan di dalam memahami tenses.
· Bahasa target dijelaskan dengan lebih cepat dengan GTM. Proses menterjemahnkan merupakan salah satu cara terbaik dalam menjelaskan sebuah kata ataupun frase dari bahasa satu ke bahasa yang lain.
· Guru dan murid mudah berkomunikasi karena penggunaan bahasa asing dikurangi.

Metode apapun yang digunakan, semua bergantung kepada tujuan dari pengajaran bahasa itu sendiri. Selain itu, kecerdasan, keterampilan, serta kreatifitas guru daat menentukan kesuksesan dari sebuah metode pengajaran.

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari belajarbahasainggrisku.com)