Penggunaan Kata Sakit dalam Bahasa Inggris



Semua orang pasti pernah mengalami sakit terutama sakit fisik seperti flu, demam atau sakit lainnya yang bisa saja membuat aktivitas kita terganggu. Secara umum dalam Bahasa Indonesia, kita akan menggunakan kata "sakit" ketika seseorang merasa kesehatannya terganggu. Namun lain halnya dengan Bahasa Inggris untuk mengartikan kata Sakit.

Pada Bahasa Inggris, kita mengenal kosakata Sick. Namun ada beberapa kata yang bisa mengekspresikan rasa sakit dengan kata Ill, Pain, Ache & Hurt. Mungkin kita sering menganggap kata-kata tersebut sama. Padahal jika dilihat artinya memiliki makna yang berbeda. Apa yang berbeda dengan kosakata tersebut? Yuk, kita pahami perbedaannya berikut ini!

1. ill
penggunaan ill digunakan untuk menyatakan sakit akibat suatu penyakit yang berkepanjangan, ill juga digunakan untuk situasi yang lebih umum.

Contoh:

· Are you ill because do you think so much about the problem? (apakah kamu sakit karena kamu berfikir berlebihan mengenai masalah itu?)
· You should take the medicine in order you will be not ill again (kamu harus minum obat agar supaya kamu tidak sakit lagi)
· He has been ill since he lived here (dia sakit sejak dia tinggal disini)

2. Ache
digunakan untuk menyatakan rasa sakit yang sama dengan pain yaitu nyeri, namun achelebih sering terjadi dan bentuk terjadinya sewaktu-waktu seperti sakit kepala, sakit gigi, sakit perut dan lain sebagainya.

Contoh:

· This headache makes me uncomfortable (sakit kepala ini membuatku tidak nyaman)
· My stomach is aching and I don’t like it (perutku sakit dan aku tidak menyukainya)
· My sister gets toothache because she consumes lots of chocolate from my uncle. (saudara perempuan ku sakit gigi karena dia mengonsumsi banyak coklat dari paman ku)

3. Pain
digunakan untuk mengindikasikan rasa sakit karena nyeri seperti nyeri pada otot atau pada bagian tubuh tertentu seperti punggung, pinggang, lengan dan lain sebagainya.

Contoh:

· My brother got the back pain after he played the football (saudara laki-laki ku terkena nyeri punggung setelah dia bermain bola)
· This is the medicine for the back pain (ini adalah obat untuk nyeri punggung)

4. Hurt
digunakan sebagai bentuk adjective ataupun verb dan juga untuk menyatakan sakit atau terluka.

· My heart is hurt because of you (hatiku terluka karena mu)
· Do you know I am hurt if you talk with her? (apakah kamu tau aku terluka jika kamu berbicara pada nya?)

5. Sick
digunakan untuk mengindikasikan sakit atau rasa sakit akibat beberapa penyakit ringan seperti batuk, demam, tidak enak badan karena kelelahan dan lain sebagainya. Sakit yang dimaksudkan dalam kata sick bukan lah sakit yang serius.

Contoh:

· He was sick because he never sleep on time (dia sakit karena dia tidak pernah tidur tepat waktu)
· If you are sick, you should to take a medicine(jika kamu sakit, kamu harus minum obat)
· I am sick because I get fever (aku sakit karena aku demam)

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari sekolahbahasainggris.com)