Penggunaan -Ing dan -Ed pada Perubahan Verb

20 Desember 2013 Tutorial Bahasa Inggris


Apabila kita telah belajar bermacam-macam tenses dalam bahasa Inggris, tentunya kita juga pernah belajar Continous Tense & Past Tense. Namun ada yang harus tidak boleh anda lupakan dalam 2 tenses tersebut yakni perubahan kata kerjanya. Apabila kalimat tanpa perubahan kata, maka rancangan dalam kalimat akan tidak memiliki arti yang sempurna. Perubahan kata tersebut ialah akhiran -ed dan -ing.

Dalam perubahan kata kerja ini bisa dikatakan mudah untuk kata kerja seperti halnya work, play, open, like, link, dan type, Anda bisa dengan hanya menambahkan -ing dan -ed pada akhir huruf tersebut. Di bawah ini ada contoh kata kerja beraturan yang tidak memerlukan aturan khusus dalam penambahan -ing dan -ed.

· Work + -ing = Working / Work + -ed = Worked
· Play + -ing = Playing / Play + -ed = Played
· Add + -ing = Adding / Add + -ed = Added
· Link + -ing = Linking / Link + -ed = Linked
· Adopt + -ing = Adopting / Adopt + -ed = Adopted
· Borrow + -ing = Borrowing / Borrow + -ed = Borrowed

Jika dilihat contoh diatas memang yang ada dibenak kita adalah mudah untuk penambahan kata. Namun ternyata ada beberapa kosakata tertentu sehingga kita harus teliti dan tidak langsung menambahkan dengan akhiran -ing & -ed. Apa sajakah kalimat tersebut? Berikut beberapa kalimat yang memiliki aturan untuk penggunaan akhiran -ing dan -ed.

1. Verb yang diakhiri dengan akhiran "e"
Untuk kata kerja jenis ini, penambahan -ing atau -ed dapat dilakukan dengan mudah karena Anda hanya harus menghilangkan huruf "e" dibagian akhir kata, dan kemudian tambahkan dengan -ing sedangkan untuk akhiran "e " pada perubahan kata kerja -ed hanya menambahkan huruf "d" pada akhiran kalimat. Berikut adalah beberapa contoh penggunannya, dengan huruf "e".

· Like + -ing = Liking / Like + -ed = Liked
· Tire + -ing = Tiring / Tire + -ed = Tired
· Snore + -ing = Snoring / Snore + -ed = Snored

2. Verb yang diikuti huruf vokal di tengah huruf konsonan
Jika Anda menemukan penekanan pada akhir suku kata atau keseluruhan suku kata, maka Anda hanya menambah satu konsonan lagi dan kemudian menambahkan -ing atau -ed. Di bawah ini ada contoh kata kerja yang menggunakan Konsonan - Vokal - Konsonan.

· Stop + -ing = Stopping / Stop + -ed = Stopped
· Plan + -ing = Planning / Plan + -ed = Planned
· Beg + -ing = Begging / Beg + -ed = begged

Jadi Anda mengetahui dimana letak penekanan dalam ucapan kata tersebut. Kata kerja di bawah ini diubah dengan cara menambahkan satu lagi konsonan yang sama di akhiran kata.

3. Verb yang memiliki akhiran "ie"
Jika Anda menemukan kata kerja yang diakhiri dengan "ie" maka cara mengubah ke bentuk -ing juga sangat mudah karena hanya diharuskan untuk mengganti "ie" dengan y, kemudian tambahkan -ing. Namun, ketika Anda ingin menambahkan -ed, jangan melakukan apa-apa dan cukup tambahkan "d" di bagian akhir.
Di bawah ini, ada contoh kata kerja dengan akhiran dengan "ie".

· Die + -ing = Dying / Die + -ed = Died
· Tie + -ing = Tying / Tied + -ed = Tied
· Lie + -ing = Lying / Lie + -ed = Lied

Nah jika sudah mengetahui cara kerja dari perubahan kata, silahkan mencobanya dan bisa memperluas wawasan tentang bahasa Inggris.

(Dikutip dari caramudahbelajarbahasainggris.net)