Penggunaan Expressing Purpose

20 Januari 2014 Tutorial Bahasa Inggris


Semua orang pasti memiliki tujuannya masing-masing selama diberi anugerah untuk hidup. Meskipun rambut sama-sama memiliki warna hitam tetapi belum tentu pemikiran seorang dengan yang lainnya adalah sama. Seperti halnya dalam belajar bahasa Inggris, seringkali kita ingin mengungkapkan maksud dan tujuan kita ketika belajar atau istilahnya lebih dikenal dengan Expressing Purpose (Menyatakan Tujuan).

Dalam Expressing Purpose ini terbagi atas 2 macam frase yaitu In Order To & So That dan memiliki arti yang sama yaitu supaya/ agar. Untuk lebih jelas tentang penggunaanya, anda dapat mempelajarinya dibawah ini.

1. In Order To
In Order todigunakan untuk mengekspresikan suatu tujuan. frase ini (in order to) biasanya digunakan untuk menjawab pertanyaan dengan kata tanya kenapa (why).

Contoh:

·She came here in order to study English.
· She came here to study English.

Seperti pada contoh kalimat kedua, "in order to" sering dihilangkan/ tidak digunakan. Sedangkan "for" terkadang digunakan untuk mengekspresikan tujuan, tetapi "for" adalah preposisi (preposition) dan diikuti oleh objek kata benda, seperti pada contoh kalimatketiga.

·I went to the store for some bread.
·I went to store to buy some bread.

Perlu diketahui bahwa frase "be used for" digunakan untuk mengekspresikan tujuan khususataupun tujuan umum dari sesuatu. Pada kasus seperti, preposisi "for" diikuti oleh gerund, contohnya: "A saw is used for cutting wood". Juga mungkin jika kalimatnya, "A saw is used to cut wood".

In order thatsecara umum jarang sekali digunakan. Contohnya: "I turned off the TV (in order) that my roommate could study in peace and quiet."Dan keduanya, baik so thatdan in order that sama-sama memperkenalkan adverb clauses.

Kata "may" atau "might" mungkin juga digunakan untuk menggantikan kata "can" dan "could", tetapi jarang digunakan secara umum. Contoh: "I cashed a check so that I mightbuy my textbooks."

2. So that
Seperti In Order to, So that juga memiliki makna yang sama yang berarti supaya/ agar. Untuk penggunaannya, terbagi atas 2 macam seperti berikut ini.

·SO THAT + CAN/ COULD

So thatlebih sering digunakan daripada in order to ketika suatu kemampuan/ kesanggupan diekspresikan dalam suatu kalimat. Kata "Can"dapat digunakan dalam adverb clause jika suatu kalimat tersebut memilki makna atau terjadi saat sekarang (present) atau masa yang akan datang (future). Sedangkan kata "Could" digunakan setelah "so that" jika kejadiannya sudah lampau (past).

Contoh:
I’m going to cash a check so that I can buy my textbooks.(Can = Presenttime)
I cashed a check so that I could buy my textbooks.(Could = Past time)

·SO THAT + WILL/ SIMPLE PRESENT or WOULD

Contoh:
I’ll take my umbrella so that I won’t get wet
I’ll take my umbrella so that I don’t get wet
Yesterday I took my umbrella so that I wouldn’t get wet.

Pada contoh kalimat pertama, "so that I won’t get wet = in order to make sure that I won’t get wet". Pada contoh kalimat kedua, terkadang kita mungkin untuk menggunakan simple present setelah "so that" untuk menunjukkan tujuan di masa yang akan datang (future meaning). Dan pada contoh kalimat yang terakhir, kata "would" digunakan untuk kalimat yang kejadiannya sudah lampau (past).

(Dikutip dari bahasainggrisonline.blogspot.com)