Penggunaan dan Perbedaan Until/Till



Pada kalimat yang kita sering pelajari, seringkali kita menemukan kata-kata kerja yang disingkat. Ciri-cirinya adalah yang disingkat dengan tanda petik diatas kalimatnya. Salah satunya adalah kata until. Seperti yang kita ketahui jika kata until sering kali disingkat menjadi ‘"till atau til". Tidak jarang orang menemukan kesamaan dari kata yang disingkat. Padahal sebenarnya kedua kata tersebut memiliki perbedaan.

Until dapat digunakan sebagai kata penghubung dan preposisi kata dimana till atau ’til merupakan versi pendek dan lebih informalnya. Meski sebagai conjunction dan preposition, ternyata kata "till" dapat pula berfungsi sebagai kata benda dan kata kerja.

Penggunaan kata ini digunakan untuk membicarakan waktu (time) dimana kata tersebut bermakna "up to" (a time) sampai waktu di masa lalu atau depan. Kita menggunakan until ketika membicarakan sesuatu yang terjadi dengan durasi waktu tertentu, sudah dimulai sebelumnya dan akan berakhir pada waktu yang ditetapkan setelah kata until.

Jika dilihat dari sisi penggunaan, Till tidak biasa digunakan pada formal writing sedangkan until lebih pilihan yang lebih natural untuk berada di awal kalimat. Fungsi dari kata Until atau Till dapat dilihat dari penggunaan Conjuction & Preposition. Berikut contohnya:

1. Preposition
Contoh:

· I stayed at the hotel until 2 pm.
(Saya tinggal di hotel tersebut sampai jam 2 siang.)
·The restaurant is open till late night.
(Restoran tersebut buka sampai larut malam.)

2. Conjuction
Contoh:

· He said to Sarah to wait there till he comes back.
(Dia mengatakan kepada Sarah untuk menunggu disana sampai dia kembali.)
·The students weren’t allowed to write anything until the exam started.
(Para siswa tidak diperbolehkan menulis apapun sampai tes dimulai.)

Ada juga penggunaan kata Till sebagai noun atau verb. Till sebagai noun mempunyai arti tempat membayar di toko, bank, atau restoran. Sementara till sebagai verb bermakna mempersiapkan dan menggunakan lahan untuk menumbuhkan tanaman.

Contoh:

·He shared some tips to till a garden.
(Dia membagikan beberapa tips untuk menggarap kebun.)
·I joined the long queue at the till.
(Saya bergabung dengan antrian panjang di kasa pembayaran.)
·Hand over your card when you pay at the till to get discounts.
(Serahkan kartumu ketika membayar di kasa pembayaran untuk mendapatkan potongan harga.)

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari wordsmile.com)
Tags