Penggunaan All Right dan Alright pada Kalimat



Are you all right atau are you alright? Manakah yang benar? Jika dihadapkan oleh pertanyaan tersebut mungkin kita agak bingung untuk menjawabnya.

Pada dasarnya all right & alright memang memiliki arti yang sama namun untuk penerapannya harus kita perhatikan. Jika Anda sedang menulis dalam surat yang formal sebaiknya menggunakan kata all right. Namun jika surat yang ditulis dalam situsai yang informal, kata alright dapat digunakan.

Penjelasan yang dapat diberikan adalah all right merupakan adjective (kata sifat) atau adverb (kata keterangan), sedangkan alright adalah versi contraction-nya (gabungan dua kata yang satu atau lebih hurufnya telah dihilangkan).

All right digunakan sebagai adjective setelah verb be dan beberapa verb of sense seperti feel, seem, dan look tapi tidak sebelum noun (sebagai predicative adjective). Maknanya "satisfactory but not especially good" , "acceptable".

All right sebagai adverb bermakna "fairly well ", atau "satisfactory manner". Kata tersebut dapat digunakan sebagai discourse marker untuk menunjukkan bahwa kita ingin memulai topik atau aksi baru. Selain itu all right dapat pula untuk menunjukkan bahwa kita menerima suatu pandangan atau setuju dengan apa yang perlu dilakukan (express agreement).

Pada kata all right, penggunaannya berdasarkan pada Adjective & Adverb. Berikut beberapa contoh penggunaan kata all right antara Adjective & Adverb.

1. Adjective
Contoh:

· Is John all right?
(Apakah John baik-baik saja?)
· Her cooking is all right.
(Masakannya okay .)
· The coffee was all right
(Kopinya baik)

2. Adverb
· All right, you can borrow my car tommorow.
(Okay, kamu dapat meminjam mobilku besok.) → express agreement
· The washing machine was running all right for one week.
(Mesin cuci tersebut berjalan dengan baik selama satu minggu.)
· All right, should we go now?
(Baiklah, haruskah kita pergi sekarang?) → discourse marker

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari berbagai sumber)