Pengertian Imperative dan Exclamatory Sentence dalam Bahasa Inggris

10 Agustus 2016 Tutorial Bahasa Inggris   |    Iman Prabawa


Kali ini saya akan sharing mengenai pengertian kalimat imperative dan exclamatory dalam bahasa Inggris. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai jenis kalimat yang ada di dalam bahasa Inggris yang lainnya yaitu declarative sentence, interrogative sentence.

Imperative sentenceini adalah kalimat yang mengandung instruksi untuk melakukan sesuatu, atau saran atau juga perintah untuk melakukan sesuatu. Bisa menggunakan tanda seru pada akhir dari kalimat, biasanya kalau menggunakan tanda seru adalah merupakan kalimat yang berisi perintah.

Misalnya saya beri contoh kalimatnya,

Leave this room now! (Tinggalkan ruangan ini sekarang!)

Atau contoh kalimat yang lainnya,

Go ahead and make my day! (Ayo saja ceriakan hariku)

Sedangkan exclamatory sentence ini adalah kalimat yang mempunyai makna emosi yang kuat. Kalau kita membaca sebuah kalimat exclamatory sentence kita akan sadar bahwa terdapat emosi yang kuat disitu.

Saya beri contoh kalimat yang termasuk ke dalam exclamatory sentence,

I think I am going to miss this place so much! (Saya rasa saya akan sangat merindukan tempat ini!)

Atau contoh kalimat yang lain,

I do love you! (Saya sungguh mencintaimu!)

Biasanya exclamation sentence ini diakhiri dengan tanda seru, penggunaan tanda seru ini untuk menekankan dan memberikan emosi tentunya. Dengan membacanya kita akan tahu tentunya perasaan emosi yang kuat dari kalimat tersebut.

Nah saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai pengertian imperative dan exclamatory sentence dalam bahasa Inggris ini. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya ya.

Salam hangat,

Imam Prabawa
(Lihat tutorial bahasa inggris lainnya di belajarbahasainggrisiman.blogspot.co.id)