Pengertian Hortatory Exposition Text dan Contohnya

19 Februari 2015 Tutorial Bahasa Inggris


Kita pasti sudah pernah mempelajari berbagai macam text pada penggunaannya dalam bahasa Inggris. Text tersebut merupakan jenis-jenis dari generic structure. Generic structure biasa digunakan untuk mendefinisikan sesuatu seperti contoh, benda, makhluk hidup atau permasalahan lingkungan.

Kali ini kita akan memahami salah satu jenis dari generic structure yakni Hortatory Exposition Text. Mungkin jenis text ini terdengar asing bagi anda. Namun jika anda melihat contohnya serta pembahasannya, pasti anda pernah membuat text ini.

Hortatory Exposition Text adalah jenis teks yang menyajikan argumen atau alasan untuk mendukung pendapat. Hal ini bertujuan untuk memengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu atau bertindak dalam hal tertentu. Dalam Hortatory Exposition, penulis mencantumkan beberapa pendapat mengenai hal tertentu untuk memperkuat ide pokok dari teks tersebut.

Tujuan dari Hortatory Exposition Text adalah memaparkan dan memengaruhi pembaca bahwa seharusnya demikian dan seharusnya tidak demikian.

Ada tiga bagian dari struktur atau pola kalimat dalam Hortatory Exposition Text, yaitu:

1. Thesis
Thesis berisi tentang pengenalan ide pokok penulis tentang suatu gejala atau kejadian yang akan diangkat atau dibahas.

2. Arguments
Arguments berisi tentang pendapat-pendapat yang mendukung ide pokok penulis. Semakin banyak pendapat yang penulis tuliskan, semakin menarik sebuah Hortatory Exposition Text itu, karena pembaca cenderung percaya terhadap suatu peristiwa jika terdapat banyak pendapat yang mendukung di dalamnya.

3. Recommendation
Recommendation berisi tentang rekomendasi atau ajakan penulis terhadap pembaca.

Supaya anda dapat membedakan mana yang Hortatory Exposition Text, berikut ciri-ciri penggunaannya:

· Menggunakan evaluative words; importanly, valuablly, trustworthly, etc.
· Menggunakan simple present tense
· Menggunakan temporal conectives; firstly, secondly, thirdly, etc.

Contoh penggunaan Hortatory Exposition Text:

The Importance of Speaking English (Pentingnya Berbicara dengan Bahasa Inggris)

English nowadays has an important role in our daily life. It is the massive means of communication. Is there a strong argument which says that English will not give any benefit?

Learning to speak English well may be the best way to improve our life. It seems all the people in the world have agreed to use English to talk to each other. About 1,500,000,000 people in the world speak English. While another 1,000,000,000 are still learning English.

If we can communicate in English, we can contact people from all over the world. We can talk about our ideas and opinions on Internet discussion groups. We can chat with other interesting people to learn about their life and culture.

If we can communicate in English, we can travel more easily. English is spoken in more than 100 countries. If we lost, we can ask directions or ask for help. Who knows, English will save our life somewhere someday.

That is why we should make every effort possible to find somebody to speak with. Where can we find people who can speak English with us? We can find them at school, shopping mall, tourist destination, etc

Above all, don't be afraid to speak English. We must try to speak, even if we make mistakes. We cannot learn without mistakes. So, speak English as much as possible!

Bahasa Indonesia.

Inggris saat ini memiliki peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari . Ini adalah cara besar komunikasi . Apakah ada argumen yang kuat yang mengatakan bahwa bahasa Inggris tidak akan memberikan manfaat apapun ?

Belajar untuk berbicara bahasa Inggris dengan baik mungkin cara terbaik untuk meningkatkan kehidupan kita . Tampaknya semua orang di dunia telah sepakat untuk menggunakan bahasa Inggris untuk berbicara satu sama lain .Tentang 1,500,000,000 orang di dunia berbahasa Inggris . Sementara 1,000,000,000 lain masih belajar bahasa Inggris.

Jika kita bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris , kita bisa menghubungi orang-orang dari seluruh dunia . Kita bisa berbicara tentang ide-ide dan opini yang objektif tentang kelompok diskusi Internet kami . Kita bisa chatting dengan orang lain yang menarik untuk belajar tentang kehidupan dan budaya mereka

.Jika kita bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris , kita dapat melakukan perjalanan lebih mudah .Bahasa Inggris dituturkan di lebih dari 100 negara . Jika kita tersesat, kita bisa menanyakan arah atau meminta bantuan. Siapa tahu , bahasa Inggris akan menyelamatkan hidup kita di suatu tempat suatu hari nanti.

Itulah sebabnya kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk menemukan seseorang untuk berbicara dengan . Di mana kita bisa menemukan orang-orang yang dapat berbicara bahasa Inggris dengan kami ? Kita bisa menemukan mereka di sekolah , pusat perbelanjaan , tujuan wisata , dll

Yang terpenting, jangan takut untuk berbicara bahasa Inggris . Kita harus mencoba untuk berbicara , bahkan jika kita membuat kesalahan . Kita tidak bisa belajar tanpa kesalahan . Jadi , berbicara bahasa Inggris sebanyak mungkin!

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari belajarbahasainggris.us)