Pengertian Declarative dan Interrogative Sentence dalam Bahasa Inggris

30 Juli 2016 Tutorial Bahasa Inggris   |    Iman Prabawa


Declarative sentence adalah jenis kalimat yang merupakan pernyataan. Biasanya ini berisi mengenai fakta, atau memang pernyataan saja. Kalimat jenis ini sangat sering sekali teman-teman temukan di dalam penulisan bahasa Inggris atau English writing.

Coba aja teman-teman membaca artikel di salah satu website, misalnya website berita. Disitu akan sangat banyak sekali teman-teman temui jenis kalimat declarative sentence ini. Saya coba berikan contoh dari declarative sentence ini ya.

In postcolonial period, during the 1960s and '70s, Kinshasa, Democratic Republic of Congo, was a hopeful place but desperately poor. (Pada periode pasca-kolonial, selama tahun 1960 dan 70-an, Kinshasa, Republik Demokratik Kongo, adalah tempat yang penuh harapan tapi sangat miskin.)

Kalimat declarative sentence ini biasanya dimulai dengan huruf besar dan diakhiri dengan tanda titik. Atau misalnya contoh kalimat yang sederhana dari kalimat declarative sentence ini misalnya,

He goes to the school by bus every day. (Dia pergi ke sekolah dengan menggunakan bis setiap harinya).

Interrogative sentence ini adalah termasuk jenis kalimat di dalam bahasa Inggris. Interrogative itu kan berarti bertanya.

Kita sering mendengar misalnya, "Dia lagi diinterogasi oleh pihak yang berwenang". Berarti kalau begitu kan dia lagi ditanya-tanyain kan? Nah jadi interrogative sentence ini adalah kalimat yang merupakan kalimat pertanyaan. Pastinya kalau kita menemukan atau mendapati kalimat seperti ini diberikan atau diajukan kepada kita ya kita tentunya perlu menjawab ya.

Kalimat interrogative sentence ini biasanya dimulai dengan huruf besar dan diakhiri dengan tanda tanya. Kalau ngga ada tanda tanyanya maka jadi aneh kalimatnya tentunya. Oleh karena itu tanda tanya itu sangat penting untuk mengakhiri sebuah kalimat interrogative sentence ini.

Saya beri contoh kalimatnya di bawah ini ya,

Where were you going last night? (Kamu tadi malam pergi kemana?)

Atau misalnya contoh yang lainnya,

How old are you? (Kamu umur berapa)

Atau contoh yang lainnya,

Can you hear me? (Kamu bisa mendengar saya?)

Kira-kira seperti itu yang namanya declarative dan interrogative sentence dalam bahasa Inggris, semoga sharing dari saya ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua.

Salam hangat,

Imam Prabawa
(Lihat tutorial bahasa inggris lainnya di belajarbahasainggrisiman.blogspot.co.id)