Pengertian Anecdote Text dan Contohnya

22 Desember 2014 Tutorial Bahasa Inggris


Setiap orang mungkin memiliki beberapa kejadian yang bisa saja tidak dapat dijelaskan secara lisan. Terkadang membutuhkan beberapa bukti untuk membuat orang percaya jika kejadian tersebut benar-benar dialami seseorang. Kejadian ini jika didalam pelajaran Bahasa Inggris biasa disebut dengan Anecdote Text.

Anecdote Text merupakan salah satu jenis teks bahasa Inggris dari Narration yang mana menceritakan kembali kejadian ganjil atau kejadian yang tidak biasa baik fakta maupun imajinasi.Tujuan komunikatif dari Anecdote Text yaitu menceritakan kembali kejadian ganjil atau kejadian yang tidak biasa yang ditujukan untuk menghibur pembaca.

Dalam Anecdote Text sendiri memiliki tahap-tahap dalam pengerjaannya yakni:

1. Ringkasan
Pada bagian Abstract, biasanya penulis mulai mengenalkan kejadian ganjil atau tidak biasa apa yang akan diceritakanya. Terdapat beberapa Abstract dari Anecdote Text diawali dengan penggunaan kalimat tanya, tetapi tidak semua Abstract dari Anecdote Text menggunakan kalimat tanya.

2. Pedoman
Struktur kebahasaan yang kedua dari Anecdote Text yaitu Orientation. Seperti halnya di Narrative Text, Orientation di Anecdote Text juga menceritakan siapa, kapan, dan di mana kejadian ganjil atau kejadian tidak biasa tersebut terjadi.

3. Crisis (Klimaks)
Struktur kebahasaan yang ketiga dari Anecdote Text yaitu Crisis. Pada bagian ini menceritakan kejadian ganjil atau kejadian tidak biasa tersebut terjadi. Penulis menceritakan kejadian tersebut dengan detail.

4. Reaksi
Struktur kebahasaan yang terakhir dari Anecdote Text yaitu Coda. Pada bagian Coda, penulis menceritakan bagaimana subjek cerita (pelaku) memecahkan masalahnya dan akhir dari kejadian ganjil atau tidak biasa tersebut.

Untuk membedakan antara Anecdote Text dengan yang lain, ada beberapa ciri-ciri yang harus anda ketahui yakni:

· Pemakaian past tense (Lampau)
Contoh:
I found it last night.

· Menggunakan rhetoric question (pertanyaan retorika)
Contoh:
Do you know what?

· Pemakaian conjuction of time (kata sambung waktu)
Contoh:
then, afterward, etc.

· Pemakaian action verb (kata kerja aksi),
Contoh:
went, writed, etc.

· Pemakaian imperative sentece (kalimat perintah)
Contoh:
listen to this.

· Pemakaian exclamation sentence (kalimat seru)

Contoh:
it's awful, it's wonderful, etc.

Contoh Anecdote Text:

Scarecrow

I am from a big family. I have two aunts and one uncle whose houses are so far from mine. I am the oldest child and have three brothers and one sister. I make many friends and love them very much. Everyday, after school, as village children, we gather together in our village’s playing field. In there, we can play football, play kites, play the "go back through the door" game, marbles game, and some other village children’s games. We are very closed friends.

One day, Thinky, my cousin, said, "Hi friends, you know that my father is a clever farmer. He had created scarecrow that made the birds never approach our paddy-field anymore. They just watched it from three miles away. They didn’t dare to pick even a grain of rice," he boasted. "That’s great," said one of my friends. "That’s nothing," said Pinky, a big talk friend, too. "My father had created a so big-talk created a so big-dark scarecrow that the birds returned all of rice they had picked some days ago."

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari belajarbahasainggris.us)