Pengenalan Performative Verb

6 Februari 2017 Tutorial Bahasa Inggris


Jika Anda pernah mempelajari bahasa Inggris, tidak asing lagi ketika mendengar verb (kata kerja). Verb bisa kita temukan dalam beberapa kalimat seperti kata swim, cook & masih banyak lagi kata kerja yang kita jumpai baik lisan maupun secara tertulis. Nah, kata-kata seperti swim, cook dan verb lainnya merupakan penamaan suatu aksi.

Hal ini disebut dengan istilah Performative verb. Performative verb adalah kata kerja yang menamakan tindakan verbal yang sedang dilakukan. Dengan kata lain seseorangmelakukan suatu aksi hanya dengan mengatakan atau menulis suatu performative verb. Sebagai contoh, ketika seseorang membuat pernyataan verbal untuk sesuatu dengan mengatakan "Saya menyatakan ...". hal tersebut merupakan Performative verb.

Pada kata kerja ini, kita menemukan contoh dari jenis verb seperti: apologize (meminta maaf), avow (mengakui), affirm (menegaskan), claim (menyatakan), declare (menyatakan), demand (meminta), deny (menyangkal), forbid (melarang), invite (mengundang), promise (berjanji), quit (berhenti), recommend (merekomendasikan), resign (berhenti), swear (bersumpah), tell (mengatakan), thank (berterima kasih) & masih banyak lagi kata kerja yang termasuk dalam Perfomative verb.

Umumnya performative verb digunakan pada simple present tense dalam bentuk active dan subject "I", namun dapat pula dalam bentuk passive dan menggunakan subject lain.

Contoh:

·Walking on the grass is forbidden.
(Berjalan di rumput itu dilarang.) passive

·I declare that the information provided above is true.
(Saya menyatakan bahwa informasi yang diberikan di atas adalah benar.)

·I forbid you walking on the grass.
(Saya melarangmu berjalan di rumput.)

· We apologize for the inconvenience.
(Kami meminta maaf atas ketidaknyamanannya.)

· I thank you for your kind attention.
(Saya berterima kasih atas perhatian Anda)

·I’m warning you, don’t go in there.
(Saya peringatkan Anda untuk tidak pergi kesana.)

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari wordsmile.com)