Mempelajari Kata Tunggal yang Sama

10 Oktober 2014 Tutorial Bahasa Inggris


Terlintas pada pikiran kita jika dalam belajar bahasa Inggris, kita seringkali menemukan kosakata yang memiliki kesamaan dalam pengucapannya namun memiliki arti yang majemuk atau lebih dari satu. Seperti contohnya saja kosakata Close.Close dalam pengertian sehari-hari berarti tutup/ tidak buka. Namun pengertian close bisa menjadi lain yakni Close berarti dekat contohnya seperti:

· The hotel is close to the sea (hotel itu dekat dengan laut)

· The bookstore just close when I come (toko buku baru saja tutup ketika saya datang)

Nah, kedua kalimat tersebut meskipun sama namun memiliki pengertian yang berbeda karena tergantung dari verb yang dipakai dan penempatan kalimat tersebut. Dalam hal ini, maka kosakata tersebut dikenal dengan istilah kata tunggal yang sama.

Ada 3 kata yang persamaan kata tunggal pada bahasa Inggris yaitu ada Homograf, Homonim dan homograf. Untuk memahami ketiga persamaan kata tersebut, ada beberapa penjelasannya berikut ini.

1. Homonim
berasal dari kata homo (sama) dan nym (nama). Berarti homonim adalah kata-kata yang memiliki lafal atau tulisan yang sama namun maknanya berbeda. Kalau di bahasa Indonesia, salah satu contoh bentuk Homofon adalah kata ‘bisa’. Kata ‘bisa’ dapat memiliki dua makna yaitu racun ular dan di sisi lain dapat juga bermakna sebagai mampu.

Contoh:

· Type (mengetik) & Type (tipe atau jenis)
· Lie (kebohongan) & Lie (Posisi Horizontal)
· Blue (Warna) & Blue (Merasa sedih)
· Ad (iklan) & (Add) menambahkan

2. Homograf
Terdiri dari homo (sama) dan graf (tulisan). Homograf adalah kata dengan tulisan yang sama namun memiliki lafal dan makna yang berbeda. Dalam bahasa Indonesia, contoh kata homograf adalah ‘Semi’ dengan dua makna berbeda yaitu level di atas standar dan musim. Contoh lainnya adalah ‘apel’ dengan makna buah dan kumpul (upacara kecil).

Contoh:

· Sewer: penyulam (orang yang menyulam)
Sewer: saluran air

· Terbang: The birds can fly, but human doesn’t. (Burung-burung dapat terbang, tetapi manusia tidak.)
Lalat: There is a fly in your soup! (Ada lalat di dalam sup mu.)

· Penggemar: I am a fan of Harry Potter. (Saya adalah penggemar dari Harry Potter.)
Kipas angin: Turn the fan on! (Hidupkan kipas angin itu.)

3. Homofon
Terdiri dari kata homo (sama) dan fon (suara atau bunyi). Homofon adalah suatu kata yang memiliki pelafalan sama namun dengan tulisan dan arti yang berbeda. Contohnya dalam bahasa Indonesia antara lain ‘Djarum’ dengan ‘jarum’, serta ‘Rock’ dan ‘Rok’. Dalam bahasa Inggris, kata-kata homofon antara lain:

· Check: memeriksa
Checque: cek

· Die: mati
Dye: mewarnai

· Buy: membeli

Bye: ucapan perpisahan/selamat tinggal

Oleh: Albert.S
(Dikutip dari EF.com)