Learning Verb Mood dan Example Verb Mood

7 Februari 2014 Tutorial Bahasa Inggris


Verb (kata kerja) memiliki banyak jenisnya tergantung dari sebuah kalimat. Mungkin diantara kalian adakah yang pernah mendengar Verb Mood? Verb mood merupakan kata kerja yang digunakan menunjukkan sikap penulis atau pembicara terhadap apa yang ditulis atau diucapkan. Seperti halnya ketika penulis memberikan komentar dengan apa yang ia tulis.

Verb mood sendiri dibedakan menjadi 3 jenis yaitu indicative mood, imperative mood, dan subjunctive mood. Lalu apa sajakah perbedaanya dari ketiga jenis Verb mood tersebut? Berikut penjelasan 3 jenis Verb mood dibawah ini.

1. Imperative Mood

Verb mood ini dapat digunakan untuk memerintah (give an order), nasehat (give advice) atau meminta (make a request). Kata kerja yang digunakan merupakan base form verb (bare infinitive). Seringkali subject tidak ditampilkan karena sudah tersirat "you" (elliptical construction).

Contoh:

· Turn on the Tv. (nyalakan televisinya)
· Eat less meat to lose your weight. (Makan lebih sedikit daging untuk menurunkan berat badanmu)
· Stop right there. (berhenti disana)
· Turn on the lamp. (nyalakan lampunya)

2. Subjunctive Mood

Subjunctive digunakan untuk menyatakan keinginan (wish), keraguan atau spekulasi (as if, as though), pengandaian yang tidak sesuai dengan kenyataan (conditional sentence type 2 yang menggunakan "were" menggantikan "was" dan type 3), dan nasehat atau permintaan tidak langsung (indirect advice and requests). Perlu diketahui jika verb mood ini jarang digunakan, baik pada tulisan maupun percakapan bahasa Inggris.

Contoh:

· I wish my brother pick me up (saya berharap saudaraku menjemputku)
· He sat on my desk as if there’s no better place in the world. (Dia duduk di meja saya seakan-akan tidak ada tempat lebih baik di dunia)
· She eaten my burger as if not have sins (dia memakan burgerku seakan-akan tanpa dosa)

3. Indicative Mood

Indicatived Mood merupakan suatu bentuk verb (kata kerja) yang digunakan untuk membuat statement (pernyataan) baik fakta maupun opini, denial (penyanggahan/penolakan), maupun question (pertanyaan).. Macam kata kerja ini yang paling sering digunakan dalam tulisan maupun percakapan bahasa Inggris.

Contoh:

· Jakarta is the busiest city of Indonesia.
(Jakarta adalah kota tersibuk di Indonesia.)
· The weather is cold in Puncak.
(Cuaca dingin di Puncak.)
· Do you know the man who is talking to Andy?
(Apakah kamu tahu siapa pria yang sedang berbicara dengan Andy?)
· People with green eyes are rare to find.
(Orang dengan mata hijau jarang ditemukan.)

(Dikutip dari Wordsmile.com)