Learning Present Future Progressive Tense



Beberapa minggu yang lalu kita pernah mempelajari salah satu tenses yang menyatakan kegiatan di masa lampau yang dilakukan secara rutin atau biasa dikenal dengan Past Progressive Tense. Kali ini kita akan mempelajari Present Prefect Progressive Tense. Secara umum, present perfect progressive tense bahasa Inggris menyatakan kegiatan yang telah dimulai pada waktu lampau dan masih berlanjut hingga sekarang.

Yang membedakan present perfect progressive tense dengan tense lainnya adalah pada urgensi penggunaan keterangan referensi waktu (time reference) berupa "for" dan "since". Keterangan referensi waktu yang digunakan dalam konstruksi present perfect progressive tense dapat berupa sebuah periode waktu (a period of time) yang nantinya bergandengan dengan "for" atau suatu saat tertentu di masa lalu (a point in past time) yang bergandengan dengan "since".

Kata "for" sendiri menunjukkan rentang waktu atau sudah berapa lama suatu peristiwa telah terjadi, sedangkan kata "since" dipakai untuk menunjukkan awal terjadinya suatu peristiwa atau menunjukkan kapan atau sejak kapan suatu peristiwa mulai terjadi atau mulai dilakukan.

Contoh:

Since (Sejak):

· Since 1884.
· Since Monday.
· Since January.
· Since 12.00 am.

For(Selama):

· For 3 Years
· For 1 minute
· For 2 months
· For a long time

Tiap tenses memiliki cara dan rumus yang berbeda untuk memahami sebuah tenses. Untuk tenses Present Prefect Progressive memiliki rumus seperti berikut ini:

· Positive →Subject + has been/have been + (V1 + ing) + object
· Negative → Subject + has not been/have not been + (V1 + ing) + object
· Interogative →Has /Have + subject + been (V1 + ing) + object

Keterangan : Subyek orang ketiga tunggal dan nama diri (He, She, It, George, Maria) menggunakan auxiliary verb "has been" sedangkan subyek jamak dan orang pertama (We, They, Mila and Dani, I) menggunakan "have been".

Berikut ini adalah fungsi present perfect progressive tense dan penggunaannya secara lebih terperinci beserta contoh kalimat dan maknanya.

1. Present perfect progressive tense berfungsi untuk menyatakan peristiwa yang baru-baru ini terjadi atau yang baru saja terjadi. Untuk fungsi kedua ini, biasanya durasi waktu (duration of time) tidak disebutkan secara rinci dalam kalimat. Keterangan referensi waktu yang dapat kita gunakan adalah "lately" atau "recently".
Contoh:

· Recently, Nicole has been feeling much better (Baru-baru ini, Nicole telah merasa jauh lebih baik).
· Has she been going to the gym lately? (Apakah dia telah pergi ke pusat kebugaran belakangan ini?).
· Recently, the kids have been watching too many movies (Baru-baru ini, anak-anak itu telah menonton terlalu banyak film).
· I have not been making more money with my business lately (Saya telah tidak menghasilkan uang yang banyak dari hasil usaha saya belakangan ini).

2. Present perfect progressive tense berfungsi untuk menyatakan kegiatan yang telah dimulai pada masa lampau dan masih berlanjut hingga sekarang.
Contoh:

· Ahmad and Doni have been playing soccer, so they are very exhausted (Ahmad dan Doni telah bermain sepak bola sehingga mereka sangat lelah).
· We have been living in Semarang since we left school (Kami telah tinggal di Semarang sejak kami lulus sekolah).
· The dog has been hiding behind the big tree for over two hours now (Anjing itu telah bersembunyi di belakang pohon besar itu selama lebih dari dua jam sekarang).
· Have they been watching television since 8 o’clock? (Apakah mereka telah menonton televisi sejak pukul 8: 00?).
· It has not been raining for two days (Hujan telah tidak turun selama dua hari).

(Dikutip dari Englishtalk.com)