Learned dan Learnt, Manakah yang Benar?

18 Februari 2017 Tutorial Bahasa Inggris


Selain dilihat dari penulisannya, terkadang kita juga menganggap ucapan kata yang sama berarti memiliki makna yang sama. contoh saja kata learned. Kata learned pengucapannya sama dengan kata learnt. Learned dan learnt merupakan dua bentuk kata untuk past tense dan past participle dari verb(kata kerja) learn. Semuanya benar namun learned sering digunakan baik di British English maupun American English, sementara learnt umumnya di British English.

Kebanyakan untuk bahasa American English menggunakan akhiran -ed yang merupakan regular form dari past tense dan past participle. Tak hanya learn, tapi juga banyak kata kerja lainnya seperti: burn, dream, dan spell. Ada kecenderungan suatu kata kerja dipertimbangkan menjadi regular form dari hari ke hari. Oleh karena itu learned menjadi jauh lebih populer. Di Inggris pun kini semakin banyak orang menggunakan akhiran -ed. Hal itu terjadi mungkin karena pengaruh American English yang masuk ke negara tersebut. Padahal pada awalnya orang Inggris melafalkan past tense dengan akhiran -t.

Karena kedua kata tersebut diterima, pilihan menggunakan yang mana diserahkan kepada masing-masing orang. Yang penting seseorang menggunakannya secara konsisten.

Contoh:

· They have learned/learnt the marketing lesson.
(Mereka telah mempelajari pelajaran pemasaran itu.)
· Yesterday I learned/learnt that we can efficient and effective at the same time.
(Kemarin saya belajar bahwa kita dapat efisien dan efektif secara bersamaan.)

Note: untuk penggunaan 2 kata tersebut memang bisa menjadi salah satu pilihan. Namun kata Learned lebih umum digunakan jika dibanding dengan learnt.

Selain sebagai verb, learned juga berfungsi sebagai adjective (kata sifat), namun beda dengan learnt. Learned yang dijadikan sebagai Adjective bermakna "showing profound knowledge; scholarly" (menunjukkan pengetahuan yang mendalam) dan dilafalkan dengan dua suku kata: lnd atau bermakna "acquired by experience or learning" (diperoleh melalui pengalaman atau belajar) dilafalkan lrnd.

Contoh:

· Do you know what is the difference between innate and learned behavior?
(Apakah kamu tahu apa perbedaan antara pembawaan lahir dan perilaku proses belajar?) → acquired by experience or learning
· He is a learned man.
(Dia seorang pria terpelajar.) → scholarly

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari wordsmile.com)
Tags