Langkah Mudah Menentukan Topik Pengajaran Bahasa Inggris



Sebagai pemberi ilmu atau lebih dikenal dengan Guru, pastinya kita memiliki berbagai rencana atau Plan untuk memberikan ilmunya kepada murid atau orang lain untuk belajar. seperti halnya topik pelajaran apa yang akan diberikan, latihan-latihan yang berguna untuk me-review seberapa banyak ilmu yang masuk atau diserap oleh murid atau audience-nya.

Lesson plan adalah bagian penting yang sudah selayaknya diperhatikan detail demi detailnya. Setiap bagian yang kita tulis tentu harus mempunyai peran sehingga memaksimalkan proses pembelajaran yang ada. Tidak hanya dalam pembelajaran, gaya bahasa dan juga penyampaian pelajaran juga bagian penting dalam prosesnya. Nah, apabila susah menentukan topik yang akan dibahas dalam pelajaran, berikut ada beberapa cara untuk Lesson Plan seperti berikut ini.

1. Pemanasan
Pemanasan yang dimaksud bukanlah seperti pemanasan pada olahraga melainkan perkenalan kembali atau review kepada siswa untuk mengenal apa saja yang akan mereka pelajari di hari itu. Ketika pembelajaran berada di area narrative text, cobalah sama-sama memperdengarkan cerita pendek mengenai salah satu kejadian di kehidupan Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengajak mereka untuk flash back ke material sebelumnya atau melakukan hal lain yang menjadikan siswa bersemangat untuk face to face dengan Anda selama jam pelajaran tersebut.

2. Pengenalan
Ambil waktu yang sesuai seperti 10 menit untuk jelaskan mengenai topik apa yang akan dibahas hari ini, bagaimana Anda membahasnya, dan apa yang seharusnya siswa lakukan dalam proses belajar.

3. Berikan Latihan
Latihan bisa membuat murid bekerja secara individual atau kelompok. Di pembelajaran narrative text, Anda bisa menjadikan siswa sebagai analis sebuah teks. Lakukan pembagian kelompok kerja secara berpasang-pasangan kemudian minta mereka untuk bekerja menemukan main idea, kata-kata sulit, tempat, dan karakter dalam cerita.

4. Analisis
Dalam konteks narrative text, tentunya Anda menginstruksikan mereka, yang sudah melakukan analisis teks, untuk menghasilkan narrative text hasil karya mereka sendiri. Ajak anak-anak untuk kembali ke masa lalu serta mengingat liburan apa yang pernah mereka lakukan dan bagaimana story yang terjadi dari awal hingga akhir.

5. Mengulang Kembali Pelajaran
Mungkin bagi para pendidik sering terlewatkan ketika memiliki hasil yang diberikan oleh murid. Mengulang kembali apa yang sudah dijelaskan dalam topik pelajaran. Anda dapat melakukannya dengan cara membuka tanya-jawab bagi murid untuk tetap mengingat pelajaran apa yang telah didapat.

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari caramudahbelajarbahasainggris.net)