Bahasa Inggris
13 Februari 2013

Langkah Awal Belajar Grammar Bahasa Inggris untuk Remaja SMA

Pelajaran bahasa Inggris untuk usia SMA tentunya berbeda dengan tingkatan sekolah sebelumnya. Belajar bahasa Inggris untuk siswa SMA haruslah lebih komprehensif, dan banyak menekankan pada kemampuan menyusun kalimat bahasa Inggris dengan grammatical yang sesuai, dan improvisasi percakapan bahasa Inngris sehari-hari.

Kedua hal ini penting untuk diperbanyak dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris di tingkat SMA. Sebab persiapan bicara dengan tata bahasa Inggris yang baik, akan membantu para siswa SMA untuk berkomunikasi saat menempuh pendidikan lanjutan dan kebutuhan perkembangan karirnya kelak.

Langkah awal dalam belajar grammar bahasa Inggris untuk remaja SMA adalah dengan memperbanyak pelatihan-pelatihan grammar, beserta pemahaman akan rumus grammar yang sesuai dengan aturan tata bahasa Inggris yang berlaku.

Sebagai langkah awal, cobalah untuk memahami kalimat dalam bahasa Inggris dengan lebih dahulu dapat membedakan kalimat berdasarkan subjek dan peristiwa yang berbentuk kata kerja atau bukan kata kerja.

Mari simak panduan mengenal subjek dalam permulaan belajar grammar bahasa Inggris untuk remaja SMA dibawah ini:

Subjek 1

Saya - I (tunggal atau satu orang)

Kami - WE (jamak atau lebih dari satu orang)

Subjek 2

Kamu - YOU (tunggal)

Kalian - YOU - ALL OF YOU (jamak)

Subjek 3

Dia (laki-laki) - HE (tunggal)

Dia (perempuan) - SHE (tunggal)

Dia (bukan orang) - IT (tunggal)

Mereka - THEY (jamak)

Nama (satu orang) - Jack, Jim, Marry, Anna

Nama (lebih dari satu orang_ - Jack and Marry, Jim and Anna

Setelah bisa memahami pembagian subjek dalam bahasa Inggris, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan proses belajar grammar bahasa Inggris untuk remaja SMA adalah dengan memahami peristiwa atau situasi yang dibagi menjadi dua, yaitu peristiwa yang berbentuk kata kerja dan peristiwa yang tidak berbentuk kata kerja. Baru kemudian pembelajaran tentang Interrogative Pronoun, atau kata ganti penanya dalam bahasa Inggris.

Apabila pemahaman Interrogative Pronoun telah dikuasai, langkah selanjutnya dalam proses belajar grammar bahasa Inggris untuk remaja SMA adalah dengan mempelajari To Be, dilanjutkan dengan pembelajaran English Tenses yang merupakan bentuk kata kerja yang disesuaikan dengan waktu terjadinya di dalam sebuah kalimat.


Tutorial Bahasa Inggris Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Artikel dan Berita Promo Tahukah Kamu? Hiburan Karir Iklan Baris