Konsep Keselarasan dalam Bahasa Inggris

18 Agustus 2015 Tutorial Bahasa Inggris


Sebagai pemula dalam pelajaran bahasa Inggris, seringkali kita mengunakan kebiasaan menggabungkan bahasa Indonesia & bahasa Inggris. Padahal untuk penempatan serta susunan kalimat jelas menjadi 2 hal yang berbeda. Dalam bahasa Inggris untuk mendapatkan kalimat atau kata yang sesuai dan tepat dibutuhkan keselarasan pada tiap kata.

Keselarasan tersebut memunculkan konsep pararelisme. Konsep pararelisme merupakan Keselarasan yang dimiliki antara 2 atau lebih kata, frase serta klausa yang sudah menjadi aturan umum dalam standar bahasa Inggris. Apabila dalam suatu kalimat tidak memiliki pararelisme, maka kalimat tersebut akan menjadi bahasa yang rancu (tidak teratur / kacau).

1. Penggunaan kata kerja yang tidak efektif
Seringkali kita menempatkan 2 jenis kata kerja yakni verb-ing & simple present tense dalam satu kalimat sehingga kalimat tersebut menjadi rancu. Oleh karena itu, cukup satu saja jenis kata kerja yang digunakan agar kalimat bisa dan sesuai dengan konsep

Contoh:

· Bambang loves playing guitar, volleyball, football, and plays the piano. (Salah)
· Bambang loves playing guitar, volleyball, football, and the piano. (Benar)

2. Penggunaan 2 verb berbeda dalam satu kalimat
Kita juga harus memperhatikan waktu pada kalimat seperti Past tense. Dalam satu kalimat seharusnya jika menggunakan past tense, maka kata kerjanya haruslah kata kerja jenis Lampau/dulu.

Contoh:

· My sister listened to the music, had lunch, and go to the Math course.(Salah)
· My sister listened to the music, had lunch, and went to the Math course.(Benar)

3. Penggunaan yang tidak selaras dengan makna pada kalimat
Penggunaan seperti verb-ing memang mudah untuk digunakan. Namun seringkali kita tidak teliti dalam pengunaannya. Jika kata pertama merupakan kata benda yang diberikan akhiran -Ing, maka untuk kata benda selanjutnya juga harus mengikutinya.

Contoh:

· Travelling, sing, and reading are my hobby. (Salah)
· Travelling, singing, and reading are my hobby. (Benar)

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari sekolahbahasainggris.com)