Kalimat Idiom yang Berkaitan dengan Musik

23 Februari 2015 Tutorial Bahasa Inggris


Siapa yang tidak suka dengan salah satu karya seni manusia yang paling digemari hingga kini? Ya, musik. Musik adalah salah satu karya yang paling digemari dari dahulu hingga kini. sampai saat ini musik sampai dikembangkan menjadi beberapa genre yang memiliki keunikan masing-masing dari musik itu sendiri. Ada yang genre rock, pop, blues, reggae, punk dan kombinasi genre lainnya kini bisa kita temukan di alat elektronik atau disekitar kita.

Namun siapa sangka jika kata yang berkaitan dengan musik bisa dijadikan kalimat idiom. Kali ini kita akan membahas dan mengetahui beberapa idiom yang berkaitan dengan musik. Berikut contoh kalimat idiom yang berkaitan dengan musik.

1. Change Your Tune
Berarti Anda mengganti opini atau pendapat mengenai suatu hal. Bisa juga diartikan ketika Anda mengubah sikap kepada orang lain. Misalkan Anda yang awalnya tidak suka kepada seseorang, kemudian beberapa hari ini Anda menjadi begitu ramah kepadanya. Situasi tersebut dimaknai sebagai change your tune.

Contoh:
· Kelly was quite rude to me at first, but she changed her tune when someone mentioned how wealthy I was.

2. For A Song
For a song maksudnya begitu murah. Misalnya jika Anda menjual atau membeli sesuatu dengan sangat murah, maka Anda berada di situasi for a song.

Contoh:
· When I was in Vietnam I bought some beautiful lacquerware for a song. I still can't believe how cheap it was.

3. Music to Your Ears
Music to your ears maksudnya Anda hanya mendengarkan apa yang ingin Anda dengar saja.

Contoh:
· When Halle heard Jason say "I do" at their wedding, it was music to her ears.

4. Pull Out All The Stops
Artinya Anda melakukan apapun untuk memastikan sebuah pekerjaan berakhir dengan sukses.

Contoh:
· They pulled out all the stops for the launch of their new range of perfumes, and even paid movie stars to come along.

5. A Jam Session
Jam session adalah sebuah waktu dimana orang atau musisi bermain musik, namun mereka tidak melakukan persiapan seperti yang ada di event-event formal layaknya konser atau acara televisi. Jam session bisa juga dimaknai sebagai aktivitas berkumpulnya banyak orang kemudian mereka bermain musik secara spontan.

Contoh:
· Why don't you come over on Sunday and have a jam session with me and the band?

6. Blow Your Own Horn/ Blow Your Own Trumpet
Ketika orang lain bilang bahwa Anda blow your own horn, maka artinya Anda bangga terhadap bakat serta keberhasilan yang dimiliki.

Contoh:
· Lorraine says that if you want to be successful in the fashion business, you really have to blow your own trumpet.

7. Face The Music
Jika seseorang face the music, maka itu berarti mereka harus menerima konsekuensi atas kesalahan yang telah mereka lakukan.

Contoh:
· To avoid facing the music and accepting his punishment for doing something bad, our little boy will tell lies with the skill of a well-trained actor.

8. Make A Song and Dance about Something
Jika Anda dibilang make a song and dance about something, maka itu artinya telah membuat kesepakatan atau kegaduhan terhadap hal yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Contoh:
· Carol thinks people should be angry about the injustices in the world, but instead they make a song and dance about things like the high price of bananas.

9. Play It By Ear
Anda tidak merencanakan penyelesaian masalah di masa depan, namun ketika Anda bertemu dengan persoalan-persoalan, Anda berusaha menyelesaikannya dengan cara yang terbaik.

Contoh:
· Jean says he's not sure what goes on in the meetings, so he'll just play it by ear and see what happens.

10. Ring A Bell Informal
Sesuatu yang familiar dan pernah Anda dengar sebelumnya.

Contoh:
· Does the name "Hunter S. Thompson" ring a bell?

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari Caramudahbelajarbahasainggris.net)