Jenis Spoof Text dalam Bahasa Inggris

10 Februari 2015 Tutorial Bahasa Inggris


Kurang rasanya jika hidup berjalan tanpa adanya senyum. Salah satu yang mengundang kita untuk tersenyum bahkan gelak tawa adalah humor atau kejadian lucu yang diberikan oleh orang maupun peristiwa yang dialami. Peristiwa ini jika dituangkan dalam teks, maka jenis text ini termasuk dalam jenis Spoof Text.

Spoof text adalah sebuah teks yang menceritakan sebuah cerita yang terjadi pada masa lalu dengan akhir cerita yang lucu yang tidak dapat diprediksi atau diperkirakan. Jadi biasanya berisi anekdot, permainan kata yang lucu atau bisa jadi gabungan kedua-duanya. tujuan komunikatif spoof text adalah untuk menceritakan sebuah cerita fiktif dengan gaya humor. Biasanya Spoof text ini bisa membuat diskusi menjadi hidup.

Terdapat tiga jenis struktur kebahasaan yang dimiliki oleh Spoof Text, yaitu:

1. Orientation
Seperti halnya jenis teks Narration yang lain, selalu diawali dengan orientation. Orientation adalah bagian di mana penulis memulai memperkenalkan cerita.

2. Events
Sedangkan pada bagian Events yaitu bagian di mana penulis menceritakan kejadian-kejadian dalam cerita tersebut tetapi kejadian yang diceritakan masih kejadian yang wajar.

3. Twist
Dan bagian dari Spoof Text yang terakhir adalah Twist. Twist merupakan bagian teks yang mana menceritakan kebalikan dari kejadian-kejadian wajar di bagian Events. Twist merupakan bagian akhir dari Spoof Text yang menceritakan kejadian akhir lucu dan tidak disangka-sangka sebelumnya.

Agar kita dapat mengenali jenis Spoof text ini, anda dapat mengenalinya jika menemukan ciri-cirinya berikut ini:

· Diceritakan secara kronologis.
· Menggunakan kata kerja aksi (action verb); did, went, walked, etc.
· Menggunakan Past Tense contoh: was, were, did, etc.
· Menggunakan kata keterangan waktu dan kata keterangan tempat.

Contoh Spoof Text:

Orientation→Joe's Mother got angry because her son got a low mark on English test. "Why did you get such a low mark on that test?" Asked mother angrily.

Event →Asked by his angry mother, Joe just kept silent and went out. A few moment, Joe came back home and met his mother again. His mother asked the same question.

Twist →Joe answered steadily, "Because of absence." "You mean you were absent on the day of the test?" Mother wondered. Joe replied, "No, but the kid who sits next to me was".

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari belajarbahasainggris.us)