Jenis Kata Onomatope dengan Awalan SP -

14 Desember 2015 Tutorial Bahasa Inggris


Beberapa hari yang lalu kita pernah mempelajari jenis kata onomatopoeia. Onomatopoeia yang kita ketahui merupakan serangkaian kata yang menirukan atau mengekspresikan bunyi dari subjek yang telah kita dengar atau dirasakan. Nah, jika kita mempelajari jenis kata tersebut secara umum, kali ini kita akan mempelajari jenis kata Onomatopoeia yang memiliki awalan sp- pada kosakatanya.

Biasanya kata yang diawali dengan sp- dalam bahasa Inggris ini adalah sesuatu berhubungan dengan air, cairan, maupun serbuk. Nah, untuk contohnya berikut beberapa contoh kalimat dan kata yang menggunakan awalan sp-.

1. To spit
To spit sendiri bisa diartikan mengeluarkan cairan dari mulut dalam seperti meludah atau mengeluarkan lendir dari mulut.

Contoh:

· Mr. Morton told the student to spitout his gum. (Pak Morton menyuruh seorang siswa untuk mengeluarkan permen karetnya)
· Spitting is prohibited. (Meludah itu dilarang)
· A gentleman would not spit on the street. (Sebagai seorang yang sopan seharusnya tidak meludah di jalan)
· In Singapore, it is a crime to spit on the ground (Di Singapura, Meludah ke tanah merupakan tindak kriminal)

2. To spray
Artinya adalah menyemprotkan dalam bentuk butiran air yang kecil.

· A cloud of fine spray came up from the waterfall.
[Awan penyemprotan halus muncul dari air terjun.]

3. To sprinkle
Sprinkle maksudnya adalah memercikkan/menaburkan. Yang dipercikkan/ ditaburkan biasanya adalah butiran-butiran air atau substansi berbentuk serbuk. Arti lainnya adalah hujan yang tidak deras.

· She sprinkled sugar over the strawberries.
[Dia menaburkan gula di atas stroberi..]

4. To splash
Dalam kata kerja artinya adalah mencipratkan, menyemburkan, mencemplungkan. Sedangkan dalam kata benda berarti cipratan, semburan.

· He splashed his face with cold water.
[Dia menciprat wajahnya dengan air dingin.]

5. To spritz
Artinya sama seperti to spray, yaitu menyemprotkan sesuatu dalam butiran air yang kecil. Bedanya adalah, ketika kita mem-spritz sesuatu, biasanya itu dalam cuma sedikit. Sesuatu yang bisa di-spritz adalah parfum, cairan-cairan untuk keperluan kecantikan.

· I just spritzed perfume to my neck"
[Saya baru saja menyemprotkan parfum ke leher.]

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari zeniusenglish.com)