Jenis-Jenis Verbal dan Deverbal Noun dan Contohnya

22 September 2014 Tutorial Bahasa Inggris


Tidaklah asing lagi jika kita mendengar Noun pada bahasa Inggris. Noun sendiri berarti kata benda. Selama ini kita sering menjumpai noun dalam kalimat bahasa Inggris. Noun sendiri memiliki arti serta jenis-jenis yang luas. Salah satunya adalah ragam dari Noun adalah Verbal dan Deverbal Noun. Mungkin diantara kalian ada yang belum mengenalnya.

Verbal dan Deverbal Noun sama-sama dapat dibentuk dengan penambahan suffix -ing pada verb asalnya. Namun verbal noun masih masih mengekspresikan action atau state dari verb asalnya, walaupun hanya menamai tindakan, sedangkan Deverbal noun tidak. Nah, bagaimana perbedaan yang mendasar bagi kedua Jenis noun tersebut? Berikut beberapa penjelasan mengenai Verbal & Deverbal Noun.

1. Verbal Noun
Verbal noun adalah uncountable abstract noun yang berasal dari verb dengan biasanya penambahan suffix -ing.

Makna kata ini mengarah pada action (aksi) atau state (keadaan) dari verb asalnya, menamakan tindakannya, namun menunjukkan sifat-sifat biasa sebagai noun. Verbal noun mungkin didahului determiner (the, this) dan/atau adjective, diikuti prepositional phrase, dan dapat dijamakkan. Namun verbal noun tidak dapat diikuti direct object atau dibatasi oleh adverb.

Verbal noun berbeda pula dengan deverbal noun yang tidak ada verbal force-nya.

Contoh:

· Many Oregonians volunteered for military service in thefighting of the Civil War.
(Banyak orang Oregon menawarkan diri sukarela untuk militer dalam pertarungan perang saudara itu.)
· The student has produced a correct modelling of the situation.
(Siswa itu telah membuat permodelan tepat dari situasi tersebut.)

2. Deverbal Noun
Deverbal noun adalah noun yang berasal dari verb dan biasanya penambahan suffix. Beberapa suffix yang dapat ditambahkan pada verb untuk membentuk deverbal noun antara lain: -er/-or (baker, teacher, educator), -ing (building, painting), dan -tion (examination).

Deverbal dan verbal noun murni bersikap sepertinoun. Bedanya, verbal noun masih masih mengekspresikan action atau state dari verb asalnya, walaupun hanya menamai tindakan, sedangkan Deverbal noun tidak.

Contoh:

· I wanted to know who the most famous baker in the world is. (Saya ingin tahu siapa tukang roti paling terkenal di dunia.)
· There are many high-rise buildings in Jakarta. (Ada banyak gedung bertingkat tinggi di Jakarta.)
· Do you plan to hang the painting? (Kamu berencana menggantung lukisan itu?)

Oleh: Albert S
(Dikutip dari wordsimle.com)